XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 01 Februari 2012

RUMAH BEKAS KUBURAN : Ritual Mandi Nikah Berujung Nyawa


Quotes:
Karina: Kamu juga bisa merasakan tubuh mbak.

Nice-to-know:
Diproduksi oleh Sentra Pictures dimana gala premierenya dilangsungkan di Hollywood XXI pada tanggal 1 Februari 2012.

Cast:
Julia Perez sebagai Karina
Fifie Buntaran sebagai Larasati
Toddyzilla sebagai Joe
Adhi Wahyu sebagai Erick
Diah Cempaka sebagai Feby
Martina Tesela sebagai Susan

Director:
Merupakan film ketiga bagi Irwan Siregar setelah terakhir Tapi Bukan Aku (2008).

W For Words:
15 Oktober 2008. Artinya sudah lebih dari 2 tahun, Suzanna meninggal dunia. Ranah perfilman lokal bergenre horor yang pernah dikuasainya kini seolah kehilangan ikon. Entah apa yang ada di benak Julia Perez yang bertekad mengambil alih posisi kosong tersebut bahkan menjalani ritual yang sama di Pelabuhan Ratu beberapa hari yang lalu. Pantas atau tidaknya tentu dikembalikan kepada masyarakat yang menilai lewat karya-karyanya sejauh ini, salah satunya adalah film terbaru Sentra Pictures berikut.

Karina dinikahi oleh Danu tanpa mengetahui bahwa pria tersebut sudah beristrikan Larasati dengan seorang putra. Bertahun-tahun kemudian, Karina yang menempati rumah mendiang suaminya itu kini membuka kost bagi empat muda-mudi yaitu pasangan Joe dan Feby serta Erick dan Susan. Ternyata arwah Larasati belum tenang sehingga memaksa Karina menuruti permintaannya untuk menikah lima kali termasuk Joe dan Erick yang diincarnya walaupun kesemuanya harus berujung nyawa.
Totalitas Jupe cukup terlihat dalam film ini. Lihat saja kesediaannya berganti kostum lebih dari 20 kali di setiap kesempatan termasuk pakaian renang ataupun lingerie, tidak ada bedanya karena kesemuanya menonjolkan belahan payudaranya yang berukuran super itu. Pemandangan yang memanjakan mata kaum lelaki yang menyaksikannya. Namun sesuatu yang diumbar secara berlebihan tentunya sudah tidak menarik lagi. Mudah-mudahan anda tidak mabuk “susu” begitu film berakhir.

Fifie Buntaran sebagai setan penasaran juga tidak kalah mesumnya (baca mesum, bukan menakutkan). Tidak dijelaskan mengapa ia harus memaksakan ritual kawin 5x. Secara logika bisa jadi karena ingin membalaskan perasaannya yang terkoyak akibat kehilangan suami yang dicintainya. Namun ia sendiri kerap mengambil alih tubuh Jupe dalam beradegan intim? Bahkan harus bertentangan dengan keinginan putranya sendiri yang sungguh kasihan didandani sebagai tuyul hijau bercawat.
Sutradara Irwan Siregar sebenarnya ingin menghadirkan horor nuansa lawas 80an lewat film ini termasuk “pertobatan” di penghujung durasi. Sayangnya logika cerita terlalu lemah untuk dapat diterima akal sehat. Campuran unsur komedi dan erotisme juga serba tanggung disana-sini dengan penempatan yang seringkali tidak pas dalam usahanya mengintrusi alur cerita. Alhasil Rumah Bekas Kuburan benar-benar berisikan formula horor bekas yang sedianya dikubur dalam-dalam terlebih angka tahun sudah menunjukkan 2012!

Durasi:
85 menit

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: