XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 04 Februari 2012

CHRONICLE : Kekuatan Super Remaja Dunia Nyata


Tagline:
What are you capable of?

Nice-to-know:
Diproduksi oleh Adam Schroeder Productions dan Davis Entertainment dimana tanggal rilis Indonesia sama dengan Amerika Serikat yaitu 3 Februari 2012.

Cast:
Dane DeHaan sebagai Andrew Detmer
Alex Russell sebagai Matt Garetty
Michael B. Jordan sebagai Steve Montgomery
Michael Kelly sebagai Richard Detmer
Ashley Hinshaw sebagai Casey Letter

Director:
Merupakan debut penyutradaraan Josh Trank yang sebelumnya menangani serial televisi The Kill Point (2007).

W for Words:
Jika selama ini found footage film didominasi oleh horor, Max Landis dan Josh Trank berusaha mendobrak paradigma tersebut dengan menghadirkan drama sains fiksi yang dibungkus dalam balutan thriller. Jadi lupakan sejenak The Blair Witch Project (1999) atau Paranormal Activity (2007) yang legendaris itu. Hasilnya adalah sebuah tontonan “kehidupan nyata” lengkap dengan konflik kepribadian para tokoh utama yang intensitasnya semakin meningkat memasuki bagian penutup.
Tiga sahabat SMU yaitu Andrew, Matt dan Steve tanpa sengaja menemukan kristal biru yang memberikan mereka kekuatan telekinesis mengagumkan. Hobi baru tersebut kemudian dieksplorasi untuk melakukan hal-hal di luar batas kemampuan mereka. Namun perbedaan karakter satu sama lain menghadirkan konflik intern yang sulit dihindari hingga berujung pada insiden mengerikan yang bisa mengancam kelangsungan hidup masing-masing.

Sosok Dean DeHaan mungkin mengingatkan anda pada Leonardo DiCaprio semasa muda. Transformasi sifat pada karakter Andrew yang signifikan berhasil dilakoninya dengan baik. Chemistrynya bersama Alex Russell dan Michael B. Jordan juga tergolong wajar dan mengasyikkan. Menarik untuk mempelajari karakter introvert pada Andrew dan ekstrovert pada Matt atau Steve yang membuat sudut pandang mereka dalam menyikapi hidup menjadi kontras.
Sutradara Josh Trank sukses memaksimalkan bujet 15 juta dollar dalam menyuguhkan spesial efek yang teramat meyakinkan terlebih adegan penutup yang mencekam di langit malam Seattle. Pergerakan kamera yang dinamis memang jauh dari kesan shaky yang biasanya terjadi dalam film found footage. Namun sejak menit pertama penonton memang sudah dibuat percaya bahwa kamera selalu berada di tangan Andrew apalagi kekuatan telekinesis yang dianggap mampu menyokong narsisme untuk menggerakan kamera merekam semua kejadian yang terjadi pada dirinya meski tanpa kesadaran penuh.

Chronicle secara cerdas memaksimalkan strategi “viral marketing” melalui Youtube, Facebook dsb untuk menarik perhatian calon penonton. Film ini juga berhasil membedakan diri dari para pendahulunya dengan konsep “superheroes are all among us” yang membumi. Percayalah, selain rasa kagum melihat adegan terbang mengangkasa dan pertarungan benar salah, anda juga dapat merasakan kisah hidup para remaja belasan tahun yang tidak dapat lepas dari pencarian jati diri dan eksistensi terhadap lingkungannya masing-masing.

Durasi:
92 menit

U.S. Box Office:
$21,283,440 till Nov 2011.

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: