XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 08 Februari 2012

BILA : Cinta Segitiga Remaja Tarik Ulur


Quotes:
Bila: Kalo begitu kenapa kamu pegang tangan aku begitu erat, Dani?

Nice-to-know:
Diproduksi oleh Maxima Pictures dan Unlimited Production dimana press screeningnya diselenggarakan di Studio XXI ex pada tanggal 8 Februari 2012.

Cast:
Stefan William sebagai Dani
Shalvynne Chang sebagai Bila
Karina Meita Permatasari sebagai Shosana
Ajun Perwira

Director:
Merupakan film keenam bagi Chiska Doppert sekaligus yang pertama di tahun 2012.

W For Words:
Cinta memang kompleks. Namun bisa saja sederhana. Semua tergantung bagaimana individu yang menjalaninya. Kali ini Maxima Pictures bersama Unlimited Productions dengan percaya diri menggandeng penulis skrip Cassandra Massardi untuk menggarap drama remaja demi menyambut Hari Kasih Sayang yang jatuh pada hari Selasa tanggal 14 Februari 2012 nanti. Demi meremajakan industri perfilman nasional maka ditunjuklah tiga aktor-aktris remaja anyar untuk menjadi bintang berikutnya.

Alkisah Bila bersahabat erat dengan Shosana sejak masa sekolah. Keduanya menyukai cowo yang sama yaitu Dani yang memang pantas menjadi idola. Shosana yang awalnya mendekati Dani amat kecewa mengetahui lelaki pujaannya itu lebih menyukai Bila. Karena suatu insiden, Dani dan Bila pun dipisahkan, satu meneruskan studi ke Perth, sedangkan yang lain ke Singapura. 5 tahun bergulir, Dani bertunangan dengan Shosana yang sakit keras sepulangnya ia ke Jakarta. Betapa pilunya hati Bila mendapati fakta menyakitkan tersebut sambil berupaya melanjutkan hidupnya.
Sutradara Chiska Doppert memang tengah naik daun terlepas dari kredibilitasnya yang masih banyak dipertanyakan sebagai seorang filmmaker. Disini ia bermain dengan gambar-gambar nan indah dari berbagai angle kamera yang tak jarang mengclose-up para pemainnya. Beberapa setting lokasi (salah satunya Kota Tua) yang dipilihnya memang menjual untuk menghadirkan sinematografi memikat tapi bukan berarti dimanapun setiap scene yang berlangsung harus diselesaikan di tempat tersebut bukan?

Harus diakui trio Stefan, Shalvynne dan Karina Meita memang rupawan di layar sehingga bisa menarik minat siapapun yang menyaksikannya tapi dari segi akting belum ada yang istimewa. Rentang waktu yang cukup panjang, 5 tahun lalu 2 tahun seharusnya mampu mempengaruhi kedewasaan karakter Dani, Bila ataupun Shosana. Nyatanya penjiwaan mereka tidak berubah, tetap saja unyu dengan dialog-dialog slow motion cheesy yang tak jarang mengundang senyum di bibir penonton.
Bila semestinya bisa diselesaikan sejam lebih awal, bukan berlama-lama tarik ulur plot cinta segitiga remaja semacam ini, bahkan sampai melibatkan 1-2 tokohnya dalam ambang kematian terlebih dahulu. Saya sempat kuatir Chiska dan akan mengisahkan polemic Dani-Bila-Shosana hingga mereka tua bersama. Oh NO! Setidaknya film ini mengajarkan dua hal yaitu penantian dan keegoisan cinta yang kerapkali membelenggu perasaan manusia. Sayangnya cara yang dipilih harus melalui drama panjang yang cukup melelahkan sekalipun mata dimanjakan dengan visualisasi yang ciamik.

Durasi:
90 menit

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: