XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 31 Juli 2010

SALT : Mata-mata Rusia Rencanakan Invasi Amerika Serikat

Tagline:
Who is Salt?

Storyline:
Meskipun sudah bersumpah demi pekerjaan dan negaranya, Evelyn Salt tetap dicurigai sebagai mata-mata Rusia saat tes kebohongan yang juga melibatkan Vassily Orlov. Pada saat interogasi dan penahanan intensif, Salt berhasil lolos dengan kenekadan dan keberaniannya. Tetapi apakah dalam pelariannya itu, Salt mampu mengungkap dalang yang sesungguhnya sekaligus menggagalkan misi berbahaya yang akan mengkambing hitamkan namanya?

Nice-to-know:
Nama-nama seperti Terry George, Michael Mann dan Peter Berg sempat dipertimbangkan untuk menyutradarai film ini.

Cast:
Pertama kali terjun sebagai aktris dalam Lookin' to Get Out (1982), Angelina Jolie kali ini bermain sebagai Evelyn Salt, agen CIA yang berusaha menyelamatkan suaminya sekaligus memulihkan jati diri sebenarnya.
Liev Schreiber memulai debut aktornya dalam Mixed Nuts (1994) dan disini didapuk sebagai Ted Winter, agen CIA yang selalu mendampingi Salt.

Director:
Sutradara asal Australia bernama Phillip Noyce ini pertama kali mendapat kesempatan mengarahkan dalam That's Showbiz (1973).

Comment:
Nyaris tiap summer selalu diisi action thriller spionase dan kali ini ada Jolie yang didapuk menjadi subyeknya. Prolog film yang memperlihatkan Evelyn terkena konflik kepentingan di Korea Utara menjelaskan pertemuan dengan suaminya yang berkebangsaan Jerman, Mike Krause. Disini sebetulnya tidak terlalu penting tetapi background seorang Evelyn rasanya cukup penting diutarakan walaupun korelasinya dengan Mike bukanlah porsi utama. Setelah itu film mengalir dengan tempo super cepat yang memperlihatkan aksi Jolie seorang diri mulai dari berlari, melompat, menembak, berkelahi tangan kosong dsb. Jujur saja hal-hal tersebut menarik tetapi nyaris tidak ada ruang untuk pengembangan karakternya. Plot serupa sudah berkali-kali dipertontonkan film serupa, sebut saja trilogi Jason Bourne ataupun franchise James Bond yang sudah melegenda sejak lama ini, hanya saja tokoh utama wanita rasanya belum terlalu banyak yang memorable. Atas fakta itu rasanya sah-sah saja jika melihat seorang Jolie mampu memporak-porandakan kota dengan aksi "tanpa bicara"nya. Sutradara Noyce yang sudah sangat familiar dengan tema serupa tidak akan canggung lagi memainkan aksi spionase yang menegangkan dari awal sampai akhir walau arahnya bisa jadi mudah ditebak audiens. Nikmatilah semua itu sebagai sebuah hiburan belaka tanpa banyak berpikir. Bersiaplah untuk sekuelnya di masa mendatang. Salt juga mengajarkan anda untuk tidak terlalu cepat menyimpulkan siapa sebenarnya orang-orang di sekitar anda.

Durasi:
100 menit

U.S. Box Office:
$36,011,243 in opening week end of July 2010.

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sang tokoh Evelyn'Jolie'Salt sukses berbicara melalui gesture yg selalu ditunggu para fansnya
(sexy,cool n bold), Kekuatan cast lainnya ada di aktor Liev Schreiber (pernah gemilang memerankan
Orson Welles-RKO280) sebagai agent Winter Ted yg mampu mengimbangi permainan Angelina Jolie.
Semua diramu menjadi sequence yg menarik lewat tangan sutradara kenamaan asal Australia Phillip Noyce
(Clear n Present Danger,The Bone Collector,Etc).
Pesan: know your enemy closer...
Downey

moviefreak mengatakan...

Thanks for ur additional information and opinion, Don! :)
I always love Jolie and Schreiber in a role