XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Selasa, 07 April 2009

KNOWING : Prediksi Bencana Kehancuran Umat Manusia

Quotes:
John Koestler-Stay with me. I know how this sounds, but I've mapped these numbers to the dates of every major global disaster from the last 50 years in perfect sequence. Earthquakes, fires, tsunamis... The next number on the chain predicts that tomorrow, somewhere on the planet, 81 people are going to die, in some kind of tragedy.
Phil Bergman-Whoa. Just step back. Have another look at it! Systems that find meaning in numbers are a dime in dozen. Why? Because people see what they want to see.

Cerita:
Tahun 1958 sekelompok murid diminta menggambar masa depan khayalan mereka untuk disimpan di kapsul waktu. Namun seorang anak perempuan misterius memenuhi kertasnya dengan tulisan angka acak. 50 tahun kemudian, Profesor John Koestler membuat penemuan mengejutkan dimana pesan berkode yang sampai di tangan anaknya Caleb itu memprediksi setiap bencana besar selama 50 tahun terakhir. Selagi John menyingkap rahasia tersebut, dia menyadari adanya tiga kejadian tambahan dimana yang terakhir akan melibatkan dia dan putranya menghadapi penghancuran berskala global yang mengancam kelangsungan hidup umat manusia!

Gambar:
Meski diceritakan setting di Massachusetts dan New York, Knowing banyak mengambil lokasi di Melbourne. Spesial efek yang ditampilkan disini cukup real dan mengagumkan terutama pada saat adegan bencana.

Act:
Rasanya baru kemarin melihat Nicolas Cage dengan peran serupa melihat masa depan dalam Next (2007) sudah kembali lagi sebagai John Koestler, seorang profesor yang tidak sengaja menemukan dokumen yang terbukti memprediksi terjadinya bencana dan jumlah korbannya.
Aktor cilik Chandler Canterbury cukup berbakat memberikan jiwa dalam perannya Caleb Koestler yang cerdas dan juga vegetarian.
Didukung pula oleh Rose Byrne sebagai Diana dan Nadia Townsend sebagai Grace, adik kandung John Koestler.

Sutradara:
Memulai debut penyutradaraan pada usia 17 tahun lewat Neon (1980), Alex Proyas perlahan tapi pasti menancapkan kuku di jajaran sutradara Hollywood pencetak box office.

Komentar:
Melihat reaksi penonton terhadap film ini rasanya terbagi dalam dua kubu: mereka yang menyukainya dan mereka yang menganggapnya aneh. Saya sendiri berada di tengah-tengah. Sebagai sebuah film bencana, Knowing masih kental dengan unsur drama dan penjabaran yang runut untuk segala sesuatunya. Sebagai sebuah fiksi ilmiah, Knowing justru kedodoran dalam menjelaskan semua hal yang sepintas terasa tidak masuk akal sehingga menimbulkan banyak pertanyaan. Di luar itu, sinematografi dan spesial efek bisa dibilang baik. Akting cast nya pun terjaga cukup baik dan berhasil menonjolkan sisi humanisme masing-masing. Endingnya memang kontroversial karena twist yang sulit diduga untuk film sejenis. Terserah anda mau melihat dari sudut pandang mana tetapi saya pribadi melihatnya dari unsur agamais.

Durasi:
115 menit

U.S. Box Office:
$79,948,113 till July 2009

Overall:
7.5 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: