XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 25 April 2009

FOUR CHRISTMASES : Pasangan Phobia Pernikahan Bernatal Empat Rumah

Quotes:
Connor-Do you know who I am?
Brad-What?
Connor-Google me bitch! I might be famous one day.

Storyline:
3 tahun berpacaran yang diawali dengan pertemuan di sebuah klub, Brad dan Kate selalu berusaha menghindari menghabiskan Natal dengan keluarga mereka dengan berlibur ke pulau eksotis. Sayangnya kali ini mereka gagal karena semua penerbangan dibatalkan akibat cuaca buruk dan sialnya reporter televisi turut mewawancarai mereka sehingga keluarga mereka tahu dimana mereka berada. Tak dapat dihindari, Brad dan Kate harus mengunjungi ayah-ibu mereka yang sudah bercerai satu persatu! Mimpi buruk pun dimulai karena empat keluarga tersebut masing-masing menawarkan nuansa yang akan tidak menyenangkan sekaligus menguji hubungan cinta Brad dan Kate.

Nice-to-know:
Pada adegan di meja makan, Reese Witherspoon sempat terhantam piring keramik yang membuatnya mendapat 5 jahitan dan menunda syuting selama 3 hari.

Cast:
Bukan kebetulan jika kemunculan Vince Vaughn terakhir juga dalam film bertemakan Natal yaitu Fred Claus (2007). Kali ini ia bermain sebagai Brad, pria lajang yang takut pada pernikahan sehingga selalu menghindari komitmen.
Penampilan terakhirnya dalam Rendition (2007) tidak terlalu disambut hangat tetapi Reese Witherspoon tetaplah aktris yang diakui eksistensinya. Berperan sebagai Kate, wanita sukses yang trauma dengan anak-anak walau akhirnya dilema dengan keputusannya.
Empat karakter pemeran orangtua Brad dan Kate pernah memenangkan Oscar yaitu Robert Duvall, Sissy Spacek, Jon Voight dan Mary Steenburgen.

Director:
Nama Seth Gordon memang belum banyak dikenal publik. Penyutradaraannya dimulai lewat Squirt (2002).

Comment:
Pemasangan Vaughn dan Witherspoon sebagai pasangan dalam film komedi bisa dibilang tepat karena dua-duanya sudah memiliki kharisma masing-masing untuk membangun nuansa humor. Chemistry keduanya disini terbilang aneh tetapi menarik untuk disaksikan. Beberapa situasi tak menyenangkan yang tidak terduga yang dialami pasangan menjadi jualan utamanya yang mungkin saja dialami kita dalam kehidupan sehari-hari mulai dari pertemuan dengan calon mertua, calon ipar, calon keponakan yang sangat lekat dengan kata "MASALAH". Bagaimana perjuangan untuk tetap bersama di atas semua perbedaan yang sebenarnya terbentang lebar di antara mereka itulah yang patut disaksikan disini. Selain itu kualitas Oscar seorang Duvall, Spacek, Steenburgen dan Voight menjadi nilai plus dengan kematangan akting sebagai orangtua bermasalah. Beberapa karakter pendukung memang hanya sekadar "lucu" tapi tetap merupakan bagian penting disini. Jam terbang rendah sang sutradara rasanya tidak terlalu berpengaruh juga. Four Christmases mungkin tidak terlalu bersemangatkan Natal tetapi film liburan yang menghibur sekaligus potret yang tepat bagi paradigma kaum muda-mudi jaman sekarang yang seringkali menghindari keluarga dan pernikahan.

Durasi:
85 menit

U.S. Box Office:
$120,146,040 till Feb 2009

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: