XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 19 April 2009

THE INTERNATIONAL : Konspirasi Tingkat Tinggi Berbuntut Korupsi Internasional

Quotes:
Jonas Skarssen-What do you want?
Louis Salinger-I want some fucking justice.

Cerita:
Agen interpol, Louis Salinger dan partnernya berusaha menginvestigasi IBBC dengan bantuan asisten pembela, Eleanor Whitman dari Manhattan dikarenakan transaksi ilegal jual beli senjata seharga 200 juta dollar! Saat tengah merencanakan pertemuan dengan informan IBBC di Central Station Berlin, partner Louis terbunuh. Louis kemudian menemukan identitas informan tersebut dan menuju Milan untuk bertemu politikus, Umberto Calvini yang memiliki pabrik senjata yang besar. Kejadian demi kejadian membawa Louis dan Elenoar hingga Turki untuk mengejar pembunuh misterius tersebut dan menemukan fakta bahwa tidak satu pihakpun dapat mereka percayai.

Gambar:
Bersetting mulai dari New York, Jerman, Perancis hingga Turki, The International selayaknya film aksi bergerak cepat di lokasi-lokasi publik yang umum ditemui.

Act:
Pernah dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik Oscar 2005 dalam Closer (2004), Clive Owen kali ini bermain sebagai Louis Salinger, interpol yang bersikeras menegakkan keadilan dengan caranya sendiri.
Sebelumnya tampil tertekan dalam Funny Games (2007), Naomi Watts disini berperan sebagai Elenoar Whitman, asisten pembela distrik bagian Manhattan yang juga bersih dari segala tipu-daya.

Sutradara:
Pria kelahiran Jerman bernama Tom Tykwer ini pertama dikenal lewat karyanya, Run Lola Run (1998) yang cukup mendapat perhatian publik film internasional. Kali ini mengarahkan The International yang cukup menjanjikan untuk berbicara banyak di tangga box-office.

Comment:
Kelemahan yang paling mencolok mungkin di screenplay yang terasa agak kabur, belum lagi dialog yang terlalu dipaksakan merasuk ke dalam pikiran penonton sehingga terkesan tidak menyenangkan untuk diikuti. Di luar itu, The International bisa dibilang menjanjikan mulai dari setting cerita yang brilian dan sulit diduga. Beberapa elemen klasik misteri muncul disini seperti halnya kita mengikuti film dari sudut pandang karakter protagonisnya. Meski tampil cukup baik, Owen dan Watts agak kurang termotivasi menampilkan kelebihan akting mereka. Yang juga menjual adalah lokasi yang berpindah-pindah dimana semuanya disyut dengan sudut pengambilan yang variatif. Satu yang akan diingat penonton adalah adegan tembak-menembak yang sangat seru sekitar 5-10 menit di sebuah gedung berarsitektur urban white noir lengkap dengan kaca menggantung di langit-langit.

Durasi:
115 menit

U.S. Box Office:
$25,450,527 till March 2009

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: