XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 03 Januari 2009

SAUS KACANG : Putus Cinta Itu Bukan Segala-galanya

Cerita:
Dalam sedu sedan ditinggal pria yang ternyata hanya main-main dengannya, Dewi bertekad melupakan semua. Hidupnya perlahan membaik dan membawanya menjadi seorang kepala chef. Sampai pada suatu hari seorang turis Malaysia, Fredo datang "mengacaukan" hotel dengan tingkah lakunya yang membuat jengah semua orang. Dewi berusaha menangani Fredo dengan kepala dingin karena prinsipnya tidak ada tamu yang tak bisa dihadapi. Namun ternyata mereka bertengkar dan kemudian berakhir dengan tugas membersihkan pura selama 4 hari karena tertangkap berkeliaran di hari Nyepi. Proses menjalani hukuman itu mendekatkan keduanya. Dewi baru mengetahui ternyata Fredo tengah galau karena pernikahannya tidak jadi berlangsung. Di sisi lain Dewi tengah belajar bahwa jatuh cinta itu bukan hal yang mudah. Bagaimana akhir dari kisah mereka berdua saat tunangan Fredo, Mae ternyata ingin kembali?

Gambar:
Bersettingkan di Pulau Bali, Saus Kacang menampilkan sedikit suasana eksotis nan relijius umat Hindu mulai dari pantai hingga lingkungan pura yang sakral.

Act:
Bunga Citra Lestari yang tampil mengesankan dengan debutnya, Cinta Pertama (2006) tampil dominan di film ini. Eksplorasi akting berusaha dilakukannya sebagai seorang gadis tegar Dewi yang mencoba bangkit dari kegagalan cinta. Usahanya cukup meyakinkan walau pengembangan karakter masih sangat miskin.
Ashraf Sinclair berusaha menampilan sosok Fredo menyebalkan yang sebenarnya terluka hatinya. Ekspresi emosinya masih agak tanggung dan karakter orang Melayu masih terbawa dengan kuat sehingga terkadang cukup mengganggu.
Nadia Saphira tampil memadai sesuai porsinya yang memang tidak banyak sebagai sahabat Dewi yang lugu tapi baik hati.

Sutradara:
Indrayanto Kurniawan yang berpengalaman dalam serial tv, Ada Apa Dengan Cinta berupaya menampilkan sesuatu yang baru dalam debut layar lebarnya. Tapi sayang, walau sebenarnya eksekusi cerita cukup baik tapi pengembangan skenario masih lemah sehingga perannya sebagai seorang leader di film ini sedikit tercela.

Komentar:
Andai saja endingnya tidak dibuat semudah itu, film ini bisa saja bernilai "lebih". Namun sayang, konsep ringan yang dibawa sepanjang film tidak cukup membawa film ini menjadi tontonan mengasyikan. Semua menjadi klise dan serba tanggung. Nilai jualnya ya cuma pasangan suami istri baru paling hot tahun 2008, Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair serta "jual suara" nya BCL dengan lagu-lagu yang cukup ear-catchy itu.

Durasi:
90 menit

Overall:
7 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10

Tidak ada komentar: