XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 25 Januari 2009

THE BANK JOB : Perampokan Bank Berbuntut Intrik Berbagai Pihak

Quotes:
[Terry has fallen through into an underground vault while digging the tunnel to get into the bank]
Dave Shilling-What's down there?
Terry Leather-It's a pile of skeletons.
Dave Shilling-You're joking. Let's hope they're not the last gang who tried to take this bank.
[robbers laugh]

Cerita:
Terry berusaha menghindari kejahatan kelas kakap sebelum bertemu Martine yang menawarkan petunjuk perampokan bank yang diyakini sukses di Baker Street, London. Terry menganggap kesempatan ini sekali seumur hidup dan mengajak teman-temannya untuk membobol ruang penyimpanan titipan nasabah yang bernilai jutaan dollar dalam bentuk uang tunai maupun perhiasan. Tak hanya itu, sekumpulan rahasia kotor yang menyeret mereka ke dalam belitan jaringan korupsi dan skandal maut serta pemerintah Inggris tingkat tinggi sampai keluarga kerajaan. Kisah sejati tentang perampokan yang menjadi kacau dalam hal-hal yang tepat.

Gambar:
Berbagai lokasi di Inggris menyuguhkan gambaran yang menarik dan bervariasi sepanjang film termasuk Stasiun Bawah Tanah Aldwych, Marylebone Road, Studio Pinewood dan beberapa scene di Australia dan Italia.

Act:
Menjadi musuh Jet Li dalam The One (2001) adalah satu dari sekian peran yang pernah dimainkan Jason Statham yang semuanya bergenre laga termasuk sebagai Terry Leather, mantan penjahat yang tergiur kembali pada perampokan besar.
Mengawali karirnya dalam peran kecil di In The Name Of The Father (1993), Saffron Burrows kali ini berperan sebagai Martine Love, model seksi yang memiliki rencana matang dalam melakukan kejahatan kelompok.
Turut didukung oleh Daniel Mays sebagai Dave Shilling yang bernasib sial.

Sutradara:
Pernah menyutradarai film yang akhirnya menjadi cult yaitu Cocktail (1988), Roger Donaldson selama 10 tahun terakhir tidak terlalu aktif berkarya. The Bank Job yang merupakan sekuel dari remake sukses ini kehilangan seluruh cast pendahulunya.

Komentar:
Sepertiga film diawali dengan percakapan dan pengenalan yang terlampau lambat sehingga amat membosankan. Namun saat Martine dan Terry berkenalan, film bergulir dengan cepat dengan intrik yang menarik. Detail perampokan sampai berujung pada penemuan tidak terduga yang memunculkan permainan kucing tikus yang sulit ditebak akhirnya adalah eksekusi plot cerita brilian yang disuguhkan sutradara. Diangkat dari kisah nyata pada masa lalu, The Bank Job memang memiliki kemiripan dengan prekuelnya The Italian Job yang dibintangi aktor-aktris populer Hollywood. Tapi bukan berarti cast disini bisa diremehkan begitu saja. Semuanya tampil memikat. Hanya saja kekurangan yang paling mencolok adalah aksen dan gaya British yang terlalu dipaksakan dan terkesan kurang pas. Di luar itu, this is a fine movie for you to watch!

Durasi:
110 menit

U.S. Box Office:
$30,028,592 till Jun 2008

Overall:
7.5 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: