XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 24 Januari 2009

BLIND DATING : Jika Pria Tuna Netra Menjalani Kencan Buta

Quotes:
Leeza Raja-Why doesn't he use his cane?
Dr. Evans-Because he doesn't think of himself as blind.

Storyline:
Meskipun pintar, tampan, populer tetapi Danny memiliki kekurangan paling mendasar yaitu buta. Namun demikian ia tetap tegar dan mandiri, sering berjalan tanpa tongkat dan mengenali benda/orang dari suara dan baunya. Kakaknya Larry yang menjadi supir limo berulangkali berusaha menjodohkan Danny dengan wanita karena dianggap tidak normal masih perjaka di usia 22 tahun! Beberapa kencan buta yang dilaluinya tidak membuat Danny bahagia sampai ia bertemu Leeza, resepsionis rumah sakit tempatnya diterapi. Keduanya lambat laun dekat satu sama lain meskipun pernikahan Leeza sedang diatur keluarganya dengan seorang pria India. Sementara itu satu kesempatan operasi diambil Danny walaupun hasilnya tidak dapat dipastikan.

Nice-to-know:
Aslinya dirilis tahun 2006 dan bahkan di Malaysia sudah beredar tahun 2007. Entah mengapa di Indonesia baru diedarkan tahun 2009!

Cast:
Karir aktingnya dimulai lewat Why Germany? (2004), Chris Pine mendapat peran Danny, pemuda buta yang charming, pintar dan selalu berpandangan ke depan.
Karakter Leeza Raja yang cantik sederhana merupakan debut layar lebar pertama bagi Anjali Jay.
Salah satu pentolan franchise movie American Pie, Eddie Kaye Thomas kebagian tokoh Larry, kakak Danny yang mesum.

Director:
Pria kelahiran Georgia bernama James Keach selama ini berpengalaman di dunia pertelevisian termasuk 24 episode serial Dr. Quinn, Medicine Woman periode 1993-1998.

Comment:
Jika melihat teaser poster dan trailernya, kita akan menyangka film ini hanyalah komedi remaja yang ringan seperti popcorn. Nyatanya kita hanya dibuat tertawa terpingkal-pingkal pada tiga puluh menit pertama saat Larry berusaha "keras" mengatur kencan buta bagi adiknya. Setelah itu film mengalir dengan esensi drama mengenai pencarian Danny akan hubungan serius dengan lawan jenis sekaligus jati dirinya sendiri. Sebagai orang buta yang sepintas terlihat tidak buta, Pine menjiwai peran Danny dengan baik dengan bahasa tubuhnya termasuk sorot mata lugunya. Anjali juga tidak mengecewakan sebagai Leeza, gadis India yang bermata bulat besar tetapi sudah terbuka budayanya. Sedikit kolusi saat Jane Seymour yang notabene istri sang sutradara mendapat peran kocak sebagai Dr. Evans yang hobi telanjang! Bagaimanapun chemistry Pine dan Anjali yang sebetulnya terbentur budaya itu tercipta dengan baik sehingga membuat penonton bersimpati pada keduanya yang sama-sama terbebani dengan kehidupan pribadi masing-masing. Andai saja Keach mampu mengeksplorasi sisi yang satu ini, niscaya hasil akhir akan lebih baik lagi. Endingnya terasa dipermudah saat kedua keluarga menerima begitu saja. Hm, jika tidak mempermasalahkan ini itunya, Blind Dating akan bisa anda nikmati dengan perasaan jenaka dan haru sekaligus.

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office:
$87,416 till May 2007 (limited few screens).

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: