XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Selasa, 11 Januari 2011

THE AMERICAN : Ketenangan Pelarian Terusik Kecurigaan

Quotes:
Father Benedetto: A man can be rich, if he has God in his heart.
Jack: I don't think God is very interested in me, Father.

Storyline:
Setelah selamat dari insiden di Swedia, penembak jitu Amerika bernama Jack alias Edward menghubungi kontaknya Pavel yang kemudian mengirimnya ke kota Abruzzian dengan berbagai peringatan. Jack akhirnya pergi ke Castelvecchio dan berpura-pura menjadi seorang fotografer selagi menunggu Pavel membereskan urusan geng Swedia nya. Pelan-pelan Jack belajar merangkai senjata untuk pembunuh bayaran Belgia sambil berkenalan dengan pendeta setempat Father Benedetto dan pelacur lokal Clara. Akankah Jack mampu keluar dari semua persoalannya dan tidak salah mempercayai orang?

Nice-to-know:
Jack / Edward menggunakan pistol jenis Walther PPK sama seperti James Bond.

Cast:
Terakhir kali menyumbangkan suara dalam Fantastic Mr. Fox (2009), George Clooney disini bermain sebagai Jack / Edward.
Irina Björklund sebagai Ingrid
Paolo Bonacelli sebagai Father Benedetto
Johan Leysen sebagai Pavel
Filippo Timi sebagai Fabio
Violante Placido sebagai Clara

Director:
Pria kelahiran Belanda bernama Anton Corbijn ini sebelumnya piawai menggarap beberapa video musik ataupun dokumenter untuk televisi.

Comment:
Pertama-tama harus saya katakan, film ini (lagi-lagi) bukan film konsumsi sembarang orang. Artinya butuh open-minded dan art lovers untuk menikmatinya. Sebuah thriller bergaya Eropa tahun 80an yang dirancang sedemikian rupa dengan teramat sangat tenang tanpa banyak gejolak yang berarti. Aspek inilah yang bisa jadi amat membosankan bagi anda yang salah mengartikan judul dan poster film ini seperti beberapa orang yang terbukti keluar dari gedung bioskop tanpa menunggu sampai habis. Namun sekalinya gejolak itu muncul, anda akan terpaku untuk mereka-reka apa yang terjadi selanjutnya. Percayalah!
Semua aktor aktris di luar Hollywood bermain menarik dan mampu membawakan gaya khas mereka masing-masing. Sosok Bonacelli sebagai Father Benedetto bahkan mengingatkan saya pada Alfred Hitchcock yang legendaris itu. Khusus Clooney tampaknya ia semakin nyaman dengan peran-peran off mainstream. Kesepian yang dihayatinya dalam Up In The Air kali ini diangkat ke level yang lebih tinggi lagi. Sepanjang film penonton akan diajak memposisikan diri di belakang tokoh Jack / Edward yang berbagi keahlian dan caranya berinteraksi dengan orang-orang yang baru ditemuinya. Chemistry dengan siapapun yang terhubung dengannya tergolong menarik dan memberikan nuansa tersendiri.
Sutradara Corbijn bisa jadi memiliki karir yang cerah di masa mendatang. Kemiskinan pengalamannya terbayar lunas dengan film feature debutnya yang didasarkan pada novel A Very Private Gentleman karya Martin Booth ini. Martin Ruhe selaku sinematografer juga berhasil menghadirkan lanskap Italia yang indah tanpa mengindahkan adegan-adegan indoornya baik siang maupun malam. Terkadang terlalu berlama-lama pada satu scene yang apik tapi hal itu memberi kesempatan kita untuk menikmatinya.
Jika anda menginginkan action thriller super cepat, lebih baik sewa kembali dvd franchise James Bond ataupun Jason Bourne trilogy. Sebab The American tidak akan memuaskan anda yang harus menunggu satu jam di awal untuk penceritaan detail cerita dan juga pengenalan karakternya. Namun percayalah endingnya pantas untuk ditunggu dan selagi menunggu mungkin tidak ada salahnya menikmati beberapa adegan syur yang lumayan artistik. Terima kasih pada gunting sensor yang membabat film ini hingga lebih kurang 100 menit untuk peredaran bioskopnya.

Durasi:
105 menit

U.S. Box Office:
$35,596,227 till end of Oct 2010.

Movie-meter:

Tidak ada komentar: