XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 21 Januari 2011

YOGI BEAR : Beruang Berbicara Selamatkan Taman Rekreasi

Tagline:
Life's a pic-a-nic.

Storyline:
Perayaan 100 tahun Jellystone Park terganggu oleh ulah Yogi dan Boo Boo yang secara tidak sengaja membakar petasan yang sudah disiapkan Ranger Smith dan Rachel. Pengunjung yang semula antusias menjadi kocar-kacir pulang. Hal ini disyukuri oleh Walikota Brown yang berniat mengubah Jellystone Park menjadi lahan keuntungannya. Dalam putus asa, Yogi dan Boo Boo menyemangati Ranger Smith untuk menyelamatkan Taman sekaligus memenangkan hati Rachel. Petualangan apa yang harus mereka lakukan untuk menggagalkannya?

Nice-to-know:
Banyak siswa Daws Butler mengirim rekaman Dan Aykroyd saat dijelaskan bagaimana berbicara dengan aksen Yogi hingga akhirnya Aykroyd menolak mendengarkannya dan menggunakan interpretasinya sendiri.

Voice:
Ghostbusters I-II merupakan salah satu peran yang paling memorable bagi Dan Aykroyd yang kali ini mengisi suara Yogi Bear
Justin Timberlake sebagai Boo Boo

Cast:
Tahun 2009 lalu menyumbangkan suaranya dalam Cloudy with a Chance of Meatballs dan Alvin and the Chipmunks 2, Anna Faris kini bermain sebagai Rachel, penulis sekaligus peneliti kehidupan satwa liar.
Tom Cavanagh sebagai Ranger Smith
T.J. Miller sebagai Ranger Jones
Nathan Corddry sebagai Asisten Walikota Brown
Andrew Daly sebagai Walikota Brown

Director:
Satu-satunya film panjang yang digarap Eric Brevig sebelumnya yaitu Journey To The Centre Of The Earth (2008) yang kebetulan juga sebuah remake.

Comment:
Sudah cukup lama kombinasi live action dan animasi dalam sebuah film tidak muncul di industri perfilman. Dan harus dikatakan melakukan remake si beruang Yogi bukanlah ide yang buruk, asalkan digarap dengan fresh. Penambahan teknologi 3D juga dilakukan walau hasil akhirnya tidak akan signifikan dibandingkan dengan 2D nya.
Sutradara Brevig yang banyak berpengalaman di bidang visual efek menjalankan tugasnya dengan cukup baik dimana karakter Yogi dan Boo Boo mampu dimix. Namun pada beberapa scene hal tersebut sulit dilakukan, salah satu contoh pada adegan jeram Jellystone Park dimana terasa sekali “penipuan optikal” nya.
Tidak ada yang salah dengan interpretasi Aykroyd dan JT ke dalam tokoh Yogi dan Boo Boo. Keduanya mampu bersinergi secara menarik sehingga apa yang disuarakan tergolong pas dengan mimik wajah ataupun bahasa tubuh yang ditampilkan. JT bahkan menurunkan suaranya sedemikian rupa sehingga anda tidak akan sadar sebelum melihat namanya di credit title. Well done!
Bagaimana dengan para aktor aktris aslinya? Tampaknya Cavanagh, Faris dan Miller bermain aman-aman saja. Khusus Faris, aktris cantik yang satu ini nyaris tidak memperlihatkan sesuatu yang berbeda dari sudah-sudah. Sedangkan Daly dan Corddry sebagai antagonis masih terkesan terlalu karikatural terutama pengulangan adegan kaca mobil yang sampai berkali-kali sebetulnya cukup mengganggu.
Tak dapat dipungkiri, Yogi Bear adalah tontonan ringan semua umur yang dapat dinikmati seantero keluarga secara aman karena tidak ada unsur seksual ataupun kekerasan samasekali. Yang ada hanyalah polah tingkah slapstick Yogi yang pintar-pintar bodoh itu. Separuh durasi awal cukup membosankan dengan berbagai adegan klise yang pernah disaksikan berpuluh-puluh kali sebelumnya. Seakan memaksa kita tertawa dan terhibur meskipun enggan. Beruntung di separuh terakhir, intensitas cerita sedikit meningkat dan membaik hingga berujung pada klimaks yang sangat berpihak pada penonton. Not surprising though yet still quite enjoyable movie for all ages!

Durasi:
80 menit

U.S. Box Office:
$84,197,416 till mid Jan 2011.

Movie-meter:

Tidak ada komentar: