XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 16 Januari 2011

WOMB GHOSTS : Teror Hantu Janin Pembawa Masalah


Storyline:
Hidup setelah kematian dari janin yang ada dalam tubuh wanita itu disebut Hantu Kandungan. Kematian yang tidak wajar seperti itu akan mengubah bayi menjadi hantu yang jahat dan ganas. Sebuah rumah sakit jiwa dihantui oleh roh-roh, keguguran yang misterius dari narapidana yang cantik dan muda. Penyelidikan pun dilakukan untuk menjawab asal muasal Hantu Kandungan tersebut.

Nice-to-know:
Film yang berjudul asli Ngok Toi ini sudah beredar di Hongkong pada tanggal 18 March 2010.

Cast:
Chrissie Chow sebagai Zoe
Koni Lui sebagai Winnie
Suet Lam sebagai Lok
Chris Lai Lok-yi sebagai Joseph

Director:
Dennis Law terakhir menggarap Fatal Contact (2006).

Comment:
Masih inget dengan The Unborn Child (Thailand) atau Hantu Aborsi (Indonesia)? Film Hongkong yang satu ini juga mengambil premis serupa dimana sentralisasi cerita difokuskan pada dua wanita yaitu seorang suster RSJ-Zoe dan penjual arak-Winnie serta dua pria yaitu dokter RSJ-Joseph dan dukun ilmu hitam-Lok dimana keempatnya sulit mengundang simpati karena karakterisasi yang terbangun dengan miskin dari awal hingga akhir.

Plot cerita yang tumpang tindih dengan subplotnya itu gagal menghadirkan lantunan kisah yang bisa diterima logika. Satu sama lain saling melemahkan karena konsep yang tidak fokus. Jika berbicara tentang karma dalam agama Buddha, tidak banyak penjelasan yang mengacu kesana. Jika menyangkut mengenai malapraktek ilmu hitam, rasanya terlalu sedikit keterangan yang mendukungnya. Alhasil berantakan merupakan pilihan kata yang teramat pas untuk film ini.

Eksekusi Dennis Law sebagai sutradara juga tidak membuatnya lebih baik. Lighting yang amat buruk kerapkali menghasilkan gambar yang tidak jelas tertangkap mata. Saya tahu bahwa ini adalah tipikal film horor dengan setting gelap mencekam tetapi setidaknya penonton diberikan kesempatan untuk benar-benar “melihat” dengan mata kepalanya sendiri akan suguhan menyeramkan ataupun memilukan. Perangkaian kesimpulan di akhir film juga tak mengesankan apapun yang bisa menyelamatkan film ini dari predikat buruk.
Satu dua kali adegan pemicu sempat diharapkan meluncurkan film ini menuju orbit yang diharapkan oleh penonton tetapi nyatanya selalu berakhir dalam dramatisasi tidak penting. Suet Lam yang paling memiliki nama disini pun gagal membangun pondasi departemen akting yang memang tidak lagi patut dipedulikan. Womb Ghosts terbilang membosankan dimana filmmaker dan views sama bingungnya menyuguhkan sesuatu yang berarti selain kekosongan makna tanpa penampakan luar biasa. Avoid!

Durasi:
88 menit

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: