XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 10 Januari 2011

NEW TOWN KILLERS : Permainan Kucing Tikus Taruhan Uang Nyawa

Storyline:
Di Edinburgh, remaja Sean Macdonald hidup nyaris tanpa tujuan bersama kakaknya Alice Kelly yang tiba-tiba berhutang 12,000 pounds pada orang-orang berbahaya yang kemudian memaksanya menjual obat di Amsterdam. Saat kebingungan, Sean dihubungi dua pria tak dikenal yaitu Alistair dan Jamie yang menawarkannya uang sejumlah sama untuk bermain kucing tikus. Terdesak akhirnya Sean menerima tawaran tersebut tanpa menyadari Alistair adalah pembunuh sadis yang tidak berperikemanusiaan. Berhasilkah Sean bertahan hidup tanpa memikirkan untuk memenangkan kompetisi ini?

Nice-to-know:
Merupakan proyek kerjasama dari Independent, Str8jacket Creations, Scottish Screen dan Screen East.

Cast:
Terakhir sempat muncul dalam Hitman (2007), Dougray Scott kini bermain antagonis sebagai Alistair Raskolnikov
Satu dari dua film yang diperankannya di tahun 2008 selain The Edge Of Love, Alastair Mackenzie sebagai Jamie Stewart
Angkat nama via serial televisi Casualty (2005-2007), James Anthony Pearson berakting sebagai Sean Macdonald
Liz White sebagai Alice Kelly
Charles Mnene sebagai Sam

Director:
Pria kelahiran Skotlandia bernama Richard Jobson ini menggarap film keempatnya yang dimulai dari 16 Years of Alcohol (2003).

Comment:
Tidak banyak film indie khas Inggris yang terdengar di telinga publik perfilman dunia selain karya-karya Guy Ritchie yang sekarang bisa dikatakan salah satu sutradara papan atas itu. Kini ada sebuah film yang sempat diputar dalam ajang iNAFFF10 yang lalu akhirnya tayang regular di Blitzmegaplex dengan bersetting kota Edinburgh.
Banyak sekali film bertemakan permainan berhadiah sejumlah uang yang berujung mematikan sebelumnya. Yang membedakan disini adalah subyeknya dua orang yang salah satunya berjiwa psikopat.
Sutradara Jobson cukup terampil bermain dengan scene cepat tanpa terkesan melelahkan. Sinematografinya tergolong konstan dengan warna dark orange yang berpadu kontras dengan kegelapan malam. Anda akan menemukan banyak twist yang berbelok-belok di sepanjang film meski fokusnya hanya di tiga aktor utama tersebut.
Penampilan Scott cukup meyakinkan sebagai Alistair sehingga penonton dibuat percaya kegilaan jiwanya yang seakan tak pernah terpuaskan. Sebaliknya Pearson berakting cukup baik sebagai Sean yang terlihat lemah tetapi nyatanya lincah dan cerdas seperti kancil. Keduanya mampu menerjemahkan kubu yang saling berlawanan dengan baik.
Satu-satunya cela yang dimiliki New Town Killers adalah kesulitan menutup film dengan brilian. Ending yang kita harapkan akan menjadi pamungkas nyatanya tidak terjadi. Sayang sekali mengingat perjalanan menuju kesana sudah dikonstruksikan sedemikian maksimal. Meski demikian action thriller ini diyakini mampu mengaduk-aduk emosi anda untuk tetap terjaga mengikuti perburuan sekaligus mengetahui siapa yang menang pada akhirnya. Berani bertaruh?

Durasi:
100 menit

U.K. Box Office:
$3,280 till mid Jun 2009.

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: