XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 31 Mei 2010

LE GRAND CHEF : Pertarungan Dua Jago Masak Perebutkan Kehormatan

Storyline:
Koki muda berbakat, Sung Chan mengundurkan diri dari dunia memasak setelah sebuah tragedi terjadi pada kontes kelas dunia. Bersembunyi di kota kecil bersama kakeknya, Sung Chan menemukan kedamaian sebagai petani penjual sayuran di pasar lokal. Hingga suatu hari, Sung Chan bertemu Su Jin yang mengagumi masakannya dan mendorong Sung Chan untuk kembali ke permukaan menantang saingan abadinya, Joo Bong sekaligus memperebutkan pisau legendaris Koki Kerajaan demi memulihkan nama baiknya.

Nice-to-know:
Terinspirasi dari komik karya Ha Yeong-min.

Cast:
Kim Kang-woo sebagai Sung-chan
Im Won-hie sebagai Bong-Joo
Lee Ha-na sebagai Jin-su

Director:
Sutradara senior asli Korea bernama Jeon Yun Su pernah menggarap drama romantis, My Girl And I (2005) yang sempat diputar di Blitz Megaplex juga.

Comment:
Selayaknya film mengenai memasak, tentunya sutradara harus membuat segala sesuatunya terlihat lezat dengan cara memasak yang meyakinkan. Dan Jeon cukup berhasil menyajikannya dengan tampilan menarik masakan yang dihasilkan di luar poin minus tidak adanya zooming yang mempertontonkan kemampuan para aktornya secara langsung. Lalu bagaimana dengan plot ceritanya sendiri? Karena diangkat dari komik populer, rasanya tidak perlu banyak perubahan yang mendasar dari aslinya. Seorang koki yang berusaha bangkit dari trauma kegagalan masa lalu. Simpel bukan? Kim dan Im berhasil menciptakan performa tukang masak yang brilian dengan semangat persaingan yang kental. Sayangnya tidak didukung pengembangan karakter yang maksimal mengingat cukup banyak subplot yang sebetulnya tidak terlalu penting. Adaptasinya terkesan sama persis mulai dari frame halaman komik hingga penjejalan semua bab di dalamnya sehingga kedinamisan sebuah film layar lebar sedikit terganggu. Sedikit mengingatkan saya pada film Mandarin (alm) Leslie Cheung yaitu Master Cook di pertengahan 1990an. Le Grand Chef bukan karya yang buruk tetapi cukup membosankan sebagai sebuah tontonan berdurasi cukup panjang. Mungkinkah komiknya jauh lebih menarik?

Durasi:
110 menit

Asian Box Office:
3,038,868 in South Korea.

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: