XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 01 Februari 2010

IT'S ALIVE : Aksi Mematikan Bayi Pembunuh

Tagline:
Please be quiet. Do not wake him up.

Storyline:
Hari-hari terakhir semester menjelang kelulusannya, Lenore Harker memutuskan meninggalkan bangku kuliah untuk melahirkan bayi dari kekasihnya yang seorang arsitek, Franck di sebuah pondok terpencil di tengah hutan. Namun keanehan terjadi saat janin tersebut membesar dua kali lipat hanya dalam sebulan dan masih dalam hitungan prematur saat dilakukan operasi caesar. Di luar dugaan, dua dokter dan dua perawat yang membantu persalinan tewas secara misterius. Bagaimanapun juga Lenore tetap membawa pulang buah hatinya tersebut tanpa menyadari bahaya selanjutnya.

Nice-to-know:
Merupakan remake berjudul sama di tahun 1974.

Cast:
Bijou Phillips sebagai Lenore Harker
James Murray sebagai Frank Davis
Raphaƫl Coleman sebagai Chris Davis

Director:
Karya Josef Rusnak sebelumnya yang paling berkesan bagi saya adalah The Thirteenth Floor (1999).

Comment:
Versi Larry Cohen di tahun 1974? Saya belum pernah mendengarnya tetapi rasanya selalu menarik bagi penggemar horor seperti saya untuk menyimak remake horor klasik pada jaman dimana saya belum lahir. Dari beberapa remake yang saya saksikan rasanya cukup memenuhi standar jaman sekarang. Nyatanya tidak dengan yang satu ini!
Plotnya sendiri memang sudah menggelikan, seorang bayi yang bisa membunuh. Tunggu dulu, apakah bayi itu sudah bisa disebut seorang? Yang pasti saya tidak mau menyebutnya demikian. Kita paparkan apa saja yang dilakukan sang bayi disini, mulai dari membunuh tikus, kucing, penguin, musang hingga orang dewasa! Baiklah, jelas bukan tipikal bayi favorit anda yang menggemaskan dan tidak berdosa. Lantas apa saja yang dilakukan sang bayi dalam menuntaskan misinya? Jawabannya tidak ada! Sepanjang narasi film, penonton hanya digiring untuk menduga-duga "kesadisan" sang bayi lewat serangkaian adegan cepat ataupun cipratan darah. Itupun dibantu oleh efek CGI yang dieksekusi secara kasar mengingat rendahnya bujet. Oh well!
Saya masih terkesan hingga saat ini dengan kinerja Rusnak dalam The Thirteenth Floor dimana saya belum genap 17 tahun pada waktu itu. Jelas salah satu sci-fi terbaik yang pernah saya tonton. Sayangnya Rusnak melakukan eksekusi yang buruk kali ini, diperparah dengan jajaran cast yang terlalu datar, mungkin juga karena skrip buruk yang disodorkan mereka. Saya tidak mampu mengingat satupun sisi positif dari It's Alive yang membuatnya layak ditonton.

Durasi:
80 menit

Asian Box Office:
PHP 6,111,827 till August 2009 in Philippines.

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: