XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 12 Juni 2010

THE KARATE KID : Berkungfu Demi Beradaptasi Di Lingkungan Baru

Storyline:
Kehidupan sebagai bocah Detroit berusia 12 tahun seketika direnggut dari Dre Parker saat ibunya, Sherry dimutasi dari kantornya ke China. Disana Dre kesulitan beradaptasi dengan lingkungan barunya, mulai dari pertemuan tak terduganya dengan Mei Ying yang menyita perhatiannya dan juga Cheng beserta gank karatenya yang kemudian menjadi momok baginya. Di saat kesulitan mencari perguruan kungfu yang tepat baginya, Dre berkenalan dengan tukang serba bisa bernama Mr. Han yang pada akhirnya mengajarinya dasar-dasar kungfu. Saat Turnamen Karate Terbuka dimulai beberapa minggu, Dre harus mempersiapkan dirinya menghadapi seteru-seteru sekaligus rasa takutnya.

Nice-to-know:
Oleh Columbia Pictures didistribusikan dengan judul The Kungfu Kid untuk peredaran internasionalnya.

Act:
Debut layar lebarnya dalam The Pursuit Of Happyness (2006) dipuji banyak orang sehingga Jaden Smith mendapat kepercayaan dalam proyek remake ini sebagai Dre Parker, bocah kulit hitam yang harus beradaptasi dengan dunia Timur.
Karir mega-bintang Hongkong, Jackie Chan diawali Big and Little Wong Tin Bar (1962) dan kali ini bermain sebagai Mr. Han, seorang mekanik dan juga jago kungfu yang menyimpan duka masa lalu.
Taraji P. Henson sebagai Sherry Parker
Wang Zhenwei sebagai Cheng
Han Wenwen sebagai Mei Ying

Director:
Pria asal Belanda bernama Harald Zwart ini menggarap film ke-12 nya setelah karir penyutradaraannya diawali via Gabriel's Surprise (1990).

Comment:
Meskipun bukan film favorit saya di tahun 1980an tetapi cukup membekas dalam ingatan saat Ralph Macchio bersinergi dengan Pat Morita dengan naturalnya. Kali ini Jaden dan Jackie mengulangi pencapaian yang sama kalau tidak mau disebut sedikit lebih baik. Putra Will Smith ini merupakan salah satu calon superstar Hollywood dan penjiwaannya sebagai Dre cukup menjanjikan, tertindas di awal dan berusaha belajar giat untuk mengatasinya. Jackie yang biasa tampil kocak kali ini terlihat tenang sekaligus rapuh sebagai pria paruh baya. Beberapa supporting cast juga tidak kalah mengecewakan terutama Wang yang menampilkan mimik keji dan menyebalkan seorang Cheng. Plotnya setia dengan versi originalnya selain memindahkan setting US ke China dengan setting disesuaikan abad 21 ditambah sedikit sentuhan Cina kuno seperti pengenalan Forbidden City dan Great Wall. Sutradara Zwart melakukan yang terbaik demi menyajikan remake yang baik, tentunya dengan mengurangi elemen-elemen yang dianggap kurang di film aslinya. Jika anda mengharapkan film bertempo cepat dan banyak adegan pertarungan sepanjang durasinya mungkin akan kecewa. Sebaliknya The Karate Kid menyajikan problem kultural, penindasan anak jaman modern, romansa ABG yang wajar, kejar-kejaran di gang sempit, proses latihan kedisiplinan yang unik, turnamen kungfu ke dalam sebuah drama yang juga menyisipkan pesan moral bahwa kegagalan masa lalu dapat disikapi dengan mau bangkit atau tidaknya seseorang dalam hidupnya sendiri.

Durasi:
140 menit

U.S. Box Office:
$50,000,000 in opening week mid June 2010.

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: