XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 23 Juni 2010

HOLLOW MAN 2 : Manusia Tak Terlihat Tebar Teror

Tagline:
There's more to terror than meets the eye...


Storyline:
Kematian misterius ilmuwan Dr. Devin Villiers di Seattle membuat pasangan detektif Frank Turner dan Lisa Martinez ditugaskan melindungi koleganya, Dr. Maggie Dalton. Sayangnya Lisa terbunuh dalam tugasnya dan Frank memaksa Maggie untuk menceritakan semua. Maggiepun mengaku pernah melibatkan tentara veteran yang bernama Michael Griffin dalam eksperimen rahasia menciptakan pasukan yang tidak terdeteksi. Sayangnya percobaan gagal dan akibat radiasi tersebut, Michael dinyatakan meninggal dan sempat dikuburkan. Hingga pada suatu ketika, sesosok tak terlihat selalu mengejar Maggie untuk mendapatkan serum terbarunya. Akankah teror demi teror tak nyata itu dapat dihentikan?


Nice-to-know:
Nama "Michael Griffin" merupakan referensi langsung dari karakter "Griffin" dalam novel "The Invisible Man" karangan H.G. Wells di tahun 1997.


Cast:

Sempat meraih penghargaan MTV Movie Awards lewat Untamed Heart (2003), Christian Slater kebagian peran sebagai Michael Griffin yang nyaris tak terlihat sepanjang film.

Sempat membintangi 9 episode Six Feet Under, Peter Facinelli bermain sebagai Detektif Frank Turner.
Laura Regan mengawali dunia akting lewat Unbreakable (2000) dan kali ini berperan sebagai Dr. Maggie Dalton.


Director:
Claudio Faeh sebelumnya menulis dan menyutradarai Coronado (2003).

Comment:
Dengan bujet rendah, film ini cukup berhasil memaksimalkan spesial efek yang diusungnya walaupun akhirnya tidak mengubah fakta dilempar langsung ke pasaran DVD. Saya menggemari prekuelnya di tahun 2000 saat baru mengakhiri masa sekolah yang menurut saya salah satu sains fiksi underrated yang masih diingat hingga sekarang.
Film ini dibuka dengan kekerasan yang dilakukan manusia-tak-terlihat lantas berpindah pada karakter ilmuwan wanita yang menyembunyikan masa lalu. Kemudian ada detektif pria yang sekuat tenaga berusaha mengendalikan situasi. Itu saja. Lebih simpel dari anda yang tidak pernah mengganti popok bayi sekalipun!
Dari segi cast, Slater yang cukup bernama di periode 1990an sudah melewati masa jayanya bisa menawarkan apa. Ia hanya menjadi "bayangan" disini dan mengisi suaranya saja. Regan juga masih kurang matang sebagai ilmuwan cerdas yang menyimpan semua kunci. Facinelli terlalu terlihat "boyish" sebagai detektif handal. Nothing's special in this department!
Sutradara Faeh menggunakan tone malam hari sepanjang film dan hal ini benar-benar membuat saya mengantuk dan tidak berselera lagi mengikuti jalinan cerita yang ditawarkan. Apalagi adegan aksinya serba tanggung dan dieksekusi dengan buruk pula. Jauh dari apa yang dicapai Paul Verhoeven dalam Hollow Man (2000). Anda yang menyukai permainan kucing-tikus Bacon dan Shue di prekuelnya sebaiknya tidak menyimpan rasa penasaran demi menemukan esensi yang sama dalam Hollow Man 2 ini.

Durasi:
90 menit

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: