XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 16 Juni 2010

9 TEMPLES : Jawaban Atas Proses Karma Kehidupan

Storyline:
Arsitek muda, Nat pulang kampung bersama kekasihnya yang penata gaya, Poon. Disana mereka bertemu ibu Nat yang banyak bertanya kepada Poon. Sebelum pergi ibunya berpesan agar Nat mengunjungi sembilan kuil untuk menghapus karma buruk yang berasal dari masa lalunya dalam tempo seminggu. Meskipun enggan, Nat akhirnya menjalankan perintah itu. Menggunakan mobil, Nat dan Poon juga ditumpangi biksu muda yang juga teman kecilnya, Sujitto, mereka bertiga melakukan perjalanan spiritual tersebut. Hal-hal mengerikan sekaligus menakutkan dialami Nat dan Poon. Mungkinkah karma seseorang dapat mempengaruhi karma yang lainnya? Bagaimana akhir dari perjalanan tersebut?

Nice-to-know:
Oriental Eyes mengedarkan film yang juga dikenal dengan judul Secret Sunday ini di Thailand sejak 13 April 2010 yang lalu.

Cast:
Siraphan Wattanajinda sebagai Poon
James Mackie
Penpak Sirikul
Paradorn Sirakowit

Director:
Merupakan debut penyutradaraan pertama bagi Saranyoo Jiralak.

Comment:
Dalam agama Buddha, hukum karma merupakan sesuatu yang sulit dijelaskan dengan logika. Kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di kehidupan lampau sehingga harus membayarnya kemudian hari bahkan terkadang saling berkaitan dengan orang-orang di sekitar kita yang juga menjalaninya. Itulah plot cerita yang coba disampaikan 9 Temples yang uniknya bergaya road movie, sesuatu yang jarang dilakukan film horor. Namun industri film Thailand memang lekat dengan genre ini yang seringkali mencetak sukses. Ketiga pemain utamanya bermain memenuhi standar dengan penjiwaan yang tidak berlebihan. Chemistry antar satu dengan lainnya juga tercipta dengan cukup baik. Yang temperamen, yang lugas pemberani, yang tenang bijaksana kontras satu sama lain. Sayang sutradara membuat penggarapannya cenderung jatuh ke drama dengan arus linier diselingi beberapa flashback yang baru terjelaskan di ending. Dibekali durasi yang cukup panjang, film yang kencang promosinya ini memang terkesan boring dan ditutup dengan konklusi yang semu dan eksplisit, tergantung dari pemahaman anda akan konsep karma itu sendiri.

Durasi:
105 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: