XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Selasa, 13 Oktober 2009

RACHEL GETTING MARRIED : Kembalinya Saudari Bermasalah Menjelang Pernikahan

Quotes:
Rachel-Kym, you took Ethan for granted. Okay? You were high for his life. You were not present. Okay? You were high.
Kym-[Whispering] Yes.
Rachel-And you drove him off a bridge... and now he's dead.
Paul-[Tearfully] Rachel, it was an accident.
Kym-Yes, I was. Yes, I was stoned out of my mind. Who do I have to be now? I mean, I could be Mother Teresa and it wouldn't make a difference, what I did. Did I sacrifice every bit of... love I'm allowed for this life because I killed our little brother?

Cerita:
Kym dibebaskan dari rehab selama beberapa hari untuk menghadiri pesta pernikahan adiknya, Rachel dan calon suaminya, Sidney. Lingkungan keluarga selalu menjadi suatu tantangan bagi pecandu yang sedang menjalani masa pengobatan. Ketegangan pun terjadi antara Kym dan Rachel serta Kym dan ibunya, Carol hanya karena beberapa hal kecil. Semua itu juga dipicu oleh kejadian masa lalu dimana Kym pernah mencelakakan adik laki-lakinya, Ethan saat sedang mabuk mengendarai mobil. Berdamai nampaknya sebuah usaha yang cukup sulit bagi Kym dengan keluarga dan orang-orang terdekatnya..

Gambar:
Full setting di Connecticut, film ini berhasil mendeskripsikan gambaran keluarga Amerika yang penuh dinamika. Beberapa seremoni pernikahan disini juga cukup unik dan memberikan ide-ide segar.

Act:
Bermain tiga film dalam tahun 2008 selain Get Smart dan Passengers, Anne Hathaway justru dinominasikan untuk Aktris Terbaik Oscar 2009 lewat peran Kym, wanita muda yang bermasalah dengan obat-obatan dan emosionalnya.
Pernah mendukung Russell Crowe dalam Cinderella Man (2005), Rosemarie DeWitt bermain sebagai Rachel yang tengah mempersiapkan pesta pernikahannya tapi harus menghadapi saudari masa lalunya yang bermasalah.
Tunde Adebimpe sebagai Sidney, calon suami Rachel.

Sutradara:
Pernah memenangkan Piala Oscar kategori Sutradara Terbaik dalam The Silence Of The Lambs (1992), Jonathan Demme kali ini berusaha mengetengahkan drama keluarga yang penuh konflik dan dibintangi banyak aktor-aktris yang menjanjikan.

Comment:
Ceritanya hanyalah sebuah pernikahan yang dihadiri seluruh anggota keluarga. Kelihatan sebagai drama keluarga biasa bukan? Tetapi konflik yang perlahan-lahan dibangun sejak awal semakin rumit memasuki pertengahan film. Bagaimana seorang wanita muda yang bermasalah hidupnya dan memiliki tekanan batin masa lalu bisa mempengaruhi pernikahan dan hubungannya dengan seluruh anggota keluarga yang lain. Dua jempol untuk Hathaway yang tampil brilian dengan sorot mata, mimik dan penjiwaan yang kuat. Namun tampaknya itulah salah satu nilai jual film ini. Penggarapan Demme sebenarnya cemerlang tetapi gaya yang digunakannya tidak biasa seperti editing yang aneh, banyaknya scene panjang serta kamera tangan yang cukup mengganggu. Ketiga hal tersebut rasanya sudah bisa membuat penonton sakit kepala untuk tetap bertahan di kursi masing-masing walaupun plot ceritanya sesungguhnya potensial. Tapi sekali lagi, Hathaway lah yang menyelamatkan film ini untuk mampu membawa Rachel Getting Married berbicara di panggung festival film manapun.

Durasi:
110 menit

U.S. Box Office:
$12,796,277 till April 2009

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: