XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Selasa, 06 Oktober 2009

THE SECRET OF MOONACRE : Perselisihan Dua Keluarga Membawa Bencana

Tagline:
A Magical Journey Begins.

Cerita:
Saat ayahnya meninggal, remaja 13 tahun, Maria Merryeather terpaksa meninggalkan London dan tinggal bersama pamannya yang eksentrik, Sir Benjamin di sebuah Puri Moonacre. Satu-satunya peninggalan ayahnya hanyalah buku fiksi tua yang berangsur-angsur menjadi kenyataan dimana perselisihan dua keluarga Merryweather dan de Noir bermula. Maria kemudian menemukan fakta bahwa dirinya adalah penerus terakhir Putri Moonacre yang harus menghentikan kutukan dengan cara menemukan seuntai kalung mutiara yang telah hilang bertahun-tahun sebelum semuanya terlambat.

Gambar:
Keindahan alam Hungaria dipaparkan dalam film ini dimana gambar-gambar klasik nan indah seakan pas dengan visualisasi bukit Moonacre.

Act:
Aktor Inggris, Ioan Gruffudd seumur hidupnya lebih banyak terlibat dalam produksi serial teve sampai Fantastic Four (2005) sukses mengangkat namanya di kancah perfilman Hollywood. Kali ini ia berperan sebagai Sir Benjamin Merryweather yang eksentrik dan keras hati.
Aktris cilik Dakota Blue Richards angkat nama lewat The Golden Compass (2007) yang walaupun digadang-gadang sukses tapi flop di pasaran. Disini ia bermain sebagai Maria Merryweather yang pemberani dan gigih.
Juliet Stevenson sebagai Miss Heliotrope, pengasuh Maria yang cerewet tapi baik hati.
Nastascha McElhone sebagai Loveday.
Tim Curry sebagai Coeur de Noir.
Augustus Prew sebagai Robin de Noir.

Sutradara:
Pria kelahiran Hungaria bernama Gabor Csupo ini boleh dibilang menguasai perfilman anak-anak baik animasi televisi ataupun fiksi layar lebar walau lebih sering duduk di kursi writer ataupun departemen animasi. Secret Of Moonacre merupakan film ketiganya setelah sebelumnya Bridge To Terabithia (2007).

Comment:
Selayaknya film fiksi yang diangkat dari novel remaja atau bisa disebut anak-anak, The Secret Of Moonacre fasih bercerita dengan narasi yang mudah diikuti dan tentunya detail dalam eksplorasi imajinasi. Tetapi penerjemahan ke versi layar lebar tentunya tidak semudah itu, butuh elemen-elemen bagus yang bisa mengangkatnya menjadi luar biasa. Beban berat disandangnya karena beberapa film sejenis belakangan flop di pasaran seperti contohnya Golden Compass dsb. Dari segi cast, Moonacre bisa dibilang sudah tepat karena aktor-aktrisnya tampil baik apalagi dibantu dengan kostum yang menarik mata. Spesial efek atau biasa disebut CGI juga terlihat halus disini terutama kemunculan singa hitam dan kuda unicorn. Secara keseluruhan di mata saya, dari segi kualitas Moonacre sedikit lebih baik daripada Bridge To Terabithia atau Seeker tetapi masih kalah memikat dibandingkan Stardust atau The Golden Compass. Permasalahan utama adalah plot cerita yang dirasa masih terlalu sederhana dan berlarut-larut bagi penonton dewasa.

Durasi:
100 menit

Europe Box Office:
£944,197 till May 2009

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: