XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 01 Juni 2012

SULE AY NEED YOU : Sitkom Low Profile Butuh Sule


Quotes:
Ayla: Emangnya kalo Ay belum punya pacar, kang Sule mau?

Nice-to-know:
Film yang diproduksi oleh E-Motion Entertainment ini press conference dan gala premierenya diadakan di Plaza Indonesia XXI pada tanggal 23 Mei 2012.

Cast:
Sule sebagai Sule
Titi Kamal sebagai Ayla
Andre Taulany sebagai Andre
Parto sebagai Parto
Nunung Srimulat sebagai Romlah
Indro Warkop sebagai Rozak Tambunan
Agus Kuncoro sebagai Benny
Dicky Chandra sebagai Uak Salim / Paman Sule

Director:
Merupakan debut penyutradaraan Cuk FK.

W For Words:
Entis Sutisna awalnya hanyalah seorang penjual jagung rebus keliling kampung sekaligus ayam goreng dan kebaya. Nasib baik mengantarkannya menjadi pemenang API 1 bersama dengan Ogi Suwarna dan Obin Wahyudin yang tergabung dalam grup lawak SOS pada tahun 2005. Kini pria yang dikenal dengan nama Sule tersebut membintangi film layar lebar keduanya setelah Arwah Kuntilanak Duyung (2011) milik KK Dheeraj. Kabar baik lain adalah keterlibatan penulis senior Jujur Prananto sebagai penata skrip disini.

Mengingat ayahnya yang jatuh miskin karena menghabiskan uang untuk mengkampanyekan diri sebagai lurah, Sule diminta ibunya untuk berangkat ke Jakarta mencari uak Salim yang kaya raya. Sule yang lugu lantas malah menempatkan dirinya dalam situasi serba salah. Kekurangan uang membuatnya bekerja pada Romlah, istri polisi baik hati bernama Parto yang sempat menangkapnya. Tak lama kemudian, Sule berkenalan dengan Ayla, anak pengusaha terkenal yang tengah maju dalam pencalonan, Drs. Andre MHT MSc. Kebetulan demi kebetulan membawa Sule mengenali orang-orang sekitarnya sekaligus mencari tahu apa yang sesungguhnya ia inginkan dalam hidupnya.

Sule dapat dikatakan cukup beruntung menjadi tokoh sentral dalam film yang dikerubuti oleh komedian papan atas tahun 90an. Bukan hanya satu melainkan enam yang ia perankan disini, coba anda teliti dan sebutkan satu persatu. Ia tak hanya membawakan slapstick yang disengaja memancing tawa tetapi sebagian diantaranya merupakan naturalisasi komedi yang terbangun oleh situasi. Terima kasih akan kayanya karakterisasi yang saling bertautan mendukung bangunan utama cerita yang disajikan.

Gaya penyutradaraan Cuk FK memang mengingatkan kita akan sitkom lawas tahun 90an seperti Gara-Gara, Si Doel Anak Sekolahan dsb yang kelucuannya terasa wajar dan dekat dengan kehidupan sehari-hari. Masih ingat dengan kampung Sukasararean dalam Kawin Kontrak (2008)? Nah setting lokasi yang sama kembali muncul disini. Perpindahan dari satu subplot ke subplot lain tergolong mulus karena berjalan beriringan sehingga penonton tidak merasa “hilang” di tengah-tengah. Good job!

Benang merah percintaan beda status sosial yang menjadi konflik utama disuguhkan tanpa dramatisasi berlebihan. Sule tetaplah Sule yang bersahaja dari kampung sedangkan Ayla tetaplah Ayla yang kurang kasih sayang dari keluarga berada. Interaksi keduanya memang tidak tergali maksimal tetapi cukup menjelaskan situasi yang terjadi di antara keduanya. Sejak awal, penonton memang sudah dituntun untuk bersimpati pada karakter Sule yang santun, lugu nan jujur tapi selalu bernasib kurang baik itu. Dilema yang dihadapinya untuk bertahan hidup di desa dan di kota menjadi pertimbangan tersendiri.

Sule, Ay Need You adalah komedi situasi murni yang dibuat secara “benar” dengan tujuan menghibur. Suatu hal yang patut diapresiasi karena agak terlupakan oleh sineas-sineas kita yang kerapkali berupaya terlalu keras mengadaptasi formula yang itu-itu saja termasuk memanusiakan pocong sekalipun.
Sempilan hit-hit “ringan” dari Titi Kamal memang sudah diprediksi sebelumnya tapi tidak sampai mengganggu. Akting Parto dan Nunung menjadi favorit saya pada kesempatan ini. Namun Sule jelas “nyawa” yang berhasil mengangkat film ini dengan citarasa low profile yang apa adanya. Yes, we need this kind of movie once in a while!

Durasi:
98 menit

Overall:
7 out of 10
Movie-meter:
 

Tidak ada komentar: