XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Kamis, 17 Desember 2009

PLANET 51 : Kala Astronot Amrik Dianggap Alien Penduduk Planet Setempat

Tagline:
Something strange is coming to their planet...Us!

Cerita:
Remaja biasa yang bekerja di planetarium, Lem tidak menyadari bahwa dirinya adalah alien. Begitulah setidaknya menurut astronot Amerika, Captain Charles T. Baker yang mendarat sendirian bersama anjingnya Rover di planet Lem hanya untuk menancapkan bendera dan mengambil beberapa gambar kehidupan disana. Sayangnya media telanjur mencap astronot sebagai zombie yang bisa mengubah seseorang menjadi monster dan memakan otaknya. Charles pun terpaksa bersembunyi di rumah Lem yang berkarakter polos sehingga mau saja membantunya. Di sisi lain, Charles berusaha mengajarkan Lem dalam mendapatkan gadis idamannya, Neera sekaligus berpacu dengan waktu untuk kembali ke planet asalnya dalam hitungan jam. Atau diktator militer, Jenderal Grawl dan ilmuwan gila, Profesor Kipple punya rencana lain yang mengerikan bagi Charles.


Gambar:
Tampilan hijau penghuni planet disuguhkan dengan menarik berpadu dengan tampilan manusia sang astronot. Penggambaran planetnya pun terasa unik di berbagai sudut lokasi.


Voice:

Film anak-anak kedua berturut-turut setelah Race to the Witch Mountain, Dwayne Johnson terlibat dalam animasi pertamanya dalam menyuarakan suara Captain Charles T. Baker.
Remaja lugu baik hati, Lem disuarakan oleh Justin Long yang terakhir tampil dalam After Life di tahun yang sama. Si cantik seksi yang aktif bermain film terakhir muncul dalam Powder Blue, Jessica Biel dipercaya mengisi suara Neera.

Sutradara:
Karya animasi perdana Jorge Blanco yang dibantu astradanya Javier Abad. Jika Planet 51 sukses, tidak menutup kemungkinan munculnya karya-karya animasi selanjutnya dari mereka.


Comment:
Dibuka dengan pengenalan makhluk-makhluk hijau dengan segala pengenalannya tentang kehidupan sehari-hari hingga kedatangan sosok alien yang berwujud manusia dalam profesi astronot Amerika yang tampan, dandy dan idola di tempatnya berasal. Sepertinya plot yang tidak asing, hanya saja situasinya dibalik. Cerdik bukan? Saksikan saja trailernya yang sangat kocak itu. Dari awal sampai akhir, anda akan dihibur dengan petualangan menarik sekaligus kocak antara Lem dan Captain Charles. Dari suara, Justin Long memang meyakinkan tetapi Dwayne Johnson lah bintangnya disini. Sejenak kita lupa akan sosok aslinya dan fokus pada setiap intonasi sang astronot. Pada beberapa poin, beberapa film anak-anak terdahulu mungkin menginspirasi film ini seperti contohnya Wall-E pada karakter Rover, E.T. pada pelarian dengan sepeda, trilogi Shrek pada tampilan hijau karakter-karakternya yang digambarkan bisa berbahasa Inggris dan masing-masing dengan empat jari tangan. Sepintas kerja CGI tidak terlalu mengesankan tetapi dialog lah yang membuat kita terkesan pada nasib masing-masing tokoh. Nuansa 1950an kental disini termasuk soundtracknya yang ceria dominan. Planet 51 adalah animasi tambal sulam yang menyenangkan untuk ditonton terutama bagi anak-anak dan sebagian besar orang dewasa juga, terlepas dari mudahnya menerka endingnya.


Durasi:

85 menit


U.S. Box Office:
$34,052,876 till Dec 2009

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: