XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 14 Desember 2009

OLD DOGS : Dagelan Dua Pria Paruh Baya dan Dua Anak Kecil

Quotes:
Dan-If I'm gonna be an old dad, you're gonna be Uncle Charlie. We can do this.
Charlie-We?

Cerita:
Dan beserta Charlie adalah dua pria paruh baya yang mengelola bisnis bersama selama lebih dari 30 tahun. Di luar itu, mereka bersahabat akrab dan melakukan aktifitas bersama mulai dari tinggal di apartemen yang sama, melewatkan waktu di klub hingga berlibur. Beberapa bulan setelah perkenalan Dan dengan wanita cantik bernama Vicki, tiba-tiba Vicki kembali dan divonis hukuman penjara selama 2 minggu. Tidak tanggung-tanggung, ia menitipkan putra-putrinya pada Dan dan Charlie. Hari demi hari dua lajang yang sudah tidak muda itu lagi pun menjadi tidak mudah. Bahkan berbagai jadwal pertemuan bisnis mereka pun terganggu. Akankah pada akhirnya kepusingan tersebut dapat diatasi? Bagaimana masa depan kerjasama Dan-Charlie dengan perusahaan Jepang yang sudah sangat diidam-idamkan itu?


Gambar:
Berbagai area seperti Arena at Harbor Yard, Stasiun Grand Central, Terminal 4 Bandara JFK, Stadium Shea, Kebun Binatang Santa Ana hingga apartment Dan di New Jersey menjadi setting bervariasi yang menyenangkan bagi komedi keluarga ini.


Act:

Kedua kali diarahkan setelah Wild Hogs (2007), John Travolta yang sudah berusia 55 tahun ini bermain sebagai Charlie yang playboy dan flamboyan sekaligus blak-blakan. Karakter Dan yang rendah hati sekaligus lembut diambil oleh Robin Williams yang memulai karir aktingnya lewat film Popeye (1980. Istri Travolta dalam kehidupan nyata, Kelly Preston disini berperan sebagai Vicki, seorang wanita cantik dengan dua orang anak masing-masing Zach dan Emily yang dijiwai oleh Conner Rayburn dan putrinya sendiri, Ella Bleu Travolta.

Sutradara:

Pertama kali memulai debutnya dalam komedi remaja yang akhirnya cukup dikenal Van Wilder (2002), Walt Becker menyutradarai film kelimanya ini sekaligus kerjasama kedua berturut-turut dengan John Travolta. Patut ditunggu kiprahnya di masa mendatang.


Comment:

Dari jajaran cast terbilang menjanjikan, Williams, Travolta, Green bukan nama-nama asing yang mampu bermain dalam drama dan komedi sama baiknya. Terutama Williams yang belakangan semakin fasih berlakon dalam drama keluarga yang terkadang mengumbar kelucuan slapstick termasuk saat Green dalam pelukan seekor gorila di kebun binatang. Kolaborasi ketiganya dalam memancing tawa disini memang cukup berhasil, baik secara disengaja ataupun tidak, baik lelucon kasar ataupun halus. Dengan fakta tersebut, rasanya perlu berpikir dua kali jika ingin mengajak anak-anak di bawah umur menyaksikannya terutama beberapa lelucon selayaknya pasangan gay ataupun hal-hal yang berbau rasis. Permasalahan lain adalah plot ceritanya tergolong klise dan berpuluh-puluh kali diangkat sebelumnya sehingga tidak akan sulit menebak kelanjutan bahkan endingnya. Hal itu seharusnya bisa disiasati jika sutradara cermat bermain dengan eksplorasi dan eksekusi yang berbeda darri biasanya. Namun hal itu tidak terjadi disini. Dengan bantuan anjing tua milik Dan-Charlie, Old Dogs yang juga disokong oleh Walt Disney Pictures pun "mencoba" menghibur anda dengan beberapa nilai jual didalamnya termasuk unsur kekeluargaan antara orangtua dan anak. Tertawalah jika anda merasa itu lucu apalagi jika anda memiliki waktu luang ke bioskop. Just sit, stay and play dad!


Durasi:

90 menit


U.S. Box Office:
$33,924,385 till Dec 2009


Overall:

7 out of 10


Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor

6.5-poor but still watchable
7-average

7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good

9-excellent

No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: