XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 04 November 2009

ASTRO BOY : Petualangan Bocah Robot Mencari Identitas

Quotes:
Astro Boy-I was made ready

Cerita:
Seorang bocah cerdas, Toby tanpa sengaja tewas saat terkena ledakan percobaan ilmiah. Ayahnya Dr. Tenma berusaha membangkitkan kembali dengan membuat sebuah robot muda dengan kekuatan luar biasa "inti biru" dengan ingatan Toby. Sayang hal itu dianggapnya tidak dapat menggantikan putra yang dicintainya itu. Robot yang kemudian disebut Astro Boy itupun dibuang dari Metro City. Di tempat barunya, Astro berkenalan dengan Ham Egg, ayah sekumpulan anak-anak terlantar seperti Cora, Orrin, Sparx dsb. Berusaha menyembunyikan identitas aslinya, Astro malah terlibat dalam pertarungan robot-robot hasil rakitan Ham Egg. Sementara itu, terjadi kekacauan di Metro City saat Presiden Stone ngotot mengaktifkan "inti merah" untuk menguasai dunia. Tibalah saatnya bagi Astro untuk kembali dan menyelamatkan situasi dunia tempat ayah yang membuangnya itu.

Gambar:
Animasi yang ditampilkan memang masih kental dengan nuansa 2 dimensi tetapi diberi sentuhan modern sehingga terlihat lebih nyata dan halus.

Voice:
Aktor cilik ini awalnya bermain dalam Women Talking DIrty (1999) tetapi seiring waktu, Freddie Highmore cukup memiliki tempat di hati moviegoers dan kali ini dipercaya mengisi suara Toby alias Astro Boy.
Dr. Tenma oleh Nicolas Cage
Cora oleh Kristen Bell
Presiden Stone oleh Donald Sutherland
Dr. Elefun oleh Bill Nighy
Narator oleh Charlize Theron

Sutradara:
Film keduanya setelah Flushed Away (2006), David Bowers kini berkesempatan menangani salah satu manga terpopuler di dunia, Astro Boy yang telah diterjemahkan ke dalam puluhan bahasa.

Comment:
Lima belas menit pertama terasaaaa sangat lambat dikarenakan dialog-dialog yang tidak berisi sama sekali sehingga membuat saya sempat terkantuk-kantuk di kursi terlebih setelah jam kerja yang melelahkan. Namun jika anda bisa melewatinya, niscaya plot cerita terasa lebih menarik terutama saat Astro meninggalkan Metro City. Dari sini tensi meningkat cukup tajam dikarenakan eksplorasi yang cerdas, fun dan menyentuh di beberapa bagian. Mungkin pada satu kesempatan, anda akan berpikir tentang Robots, Wall-E dan film-film sejenis produksi Hollywood tetapi ingatlah Astro Boy merupakan akar anime Jepang yang sudah mendunia. Oleh sebab itu masih ada nilai-nilai Timur yang diperlihatkan disini meskipun tim kreatif termasuk sutradara yang merupakan asli Amerika. Astro Boy memang berangkat dari beberapa ide kompleks yang jarang dibahas mengenai karakteristik robot yang abu-abu dan secara keseluruhan menawarkan animasi yang cukup menarik di tingkat yang lebih. Satu minus yang paling mencolok adalah theme alias background musik yang teramat miskin dimana hal tersebut biasanya sangat membantu film animasi.

Durasi:
85 menit

U.S. Box Office:
$6,702,923 opening week in end of Oct 2009

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: