XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 25 November 2009

LONG WEEKEND : Balasan Alam Liburan Pertengkaran Pasutri

Tagline:
Mother nature has a dark side.

Storyline:
Peter dan Carla mengalami masalah besar dalam perkawinan mereka. Saat menghadapi liburan panjang, Peter membeli seperangkat alat camping yang mahal dengan tujuan menghabiskan waktu di Pantai Moondah yang terisolasi di North Coast. Awalnya Carla protes karena lebih memilih bermalam di hotel Porthsea yang nyaman. Akhirnya pasutri ini pergi juga ditemani anjing mereka, Cricket dan berniat menemui teman Peter, Mike di lokasi. Sesampainya disana, hubungan keduanya semakin memburuk dan diwarnai dengan pertengkaran. Sikap merekapun mulai memancing kemarahan alam yang mulai bekerja secara misterius.

Nice-to-know:
Pada credit title dijelaskan bahwa film ini didedikasikan untuk "In Memory of Colin Eggleston" yang merupakan sutradara versi original Long Weekend (1978).

Cast:
Karir aktornya diawali dalam film My Own Private Idaho (1991), James Caviezel bermain sebagai Peter
Satu dari 2 film yang dibintangi Claudia Karvan di tahun 2008 ini selain $9.99. Kali ini ia berperan sebagai Carla

Director:
Jamie Blanks pertama kali dikenal publik lewat feature film debutnya, Urban Legend (1998).

Comment:
Lagi.. Sebuah remake dari film berjudul sama tepat 3 dekade lalu dimana sang sutradaranya sendiri sudah meninggal. Plot ceritanya tergolong menarik lebih karena aspek misterius dimana alam disinyalir mampu memberikan respon akan perbuatan manusia. Percaya atau tidak mengenai premis ini memang terserah anda pada akhirnya.
Sedari dulu, Caviezel memang merupakan aktor watak. Terbukti peran Peter ini dapat dijiwainya dengan alami yakni pria yang mencintai kegiatan alam. Karvan juga mampu menghidupkan peran Carla yang dirundung perasaan bersalah akan masa lalunya terlebih harus menjalani sesuatu yang tidak ia sukai. Pertengkaran di antara keduanya meski terkesan melelahkan dan berulang-ulang nyatanya mampu untuk mempertahankan film tetap pada jalurnya.
Sutradara Blanks bisa jadi terbiasa menggarap genre horor ataupun thriller. Kinerjanya terlihat pula disini dengan angle kamera yang tepat untuk membangun tensi yang menyeramkan. Sayangnya scene malam hari memang terlampau gelap karena konon syuting dilakukan langsung di tempat sehingga sulit bagi penonton untuk mengikuti dengan seksama. Segala sudut pulau misteri ini terekam dengan baik dan lebih menonjolkan kengerian dibandingkan keindahannya.
Long Weekend lebih tepat digolongkan sebagai drama yang membosankan dengan perpanjangan konflik yang itu-itu saja. Rasionalitas tokoh Peter untuk bertahan memang menjadi pertanyaan. Hal ini merupakan satu dari sekian logika yang tidak dapat diterima akal sehat begitu saja. Terlepas dari berbagai kekurangan yang timbul, rasanya pesan moral untuk lebih menghargai alam beserta segala isinya termasuk sesame dan makhluk hidup dapat tersampaikan dengan baik pada penonton.

Durasi:
85 menit

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: