XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 27 November 2009

A CHRISTMAS CAROL : Dihantui Tiga Arwah Natal

Quotes:
Ebenezer Scrooge-If I could have my way, every idiot who goes about with 'Merry Christmas' on his lips should be boiled in his own pudding, and buried with a stake of holly through his heart!

Cerita:
Malam Natal di Inggris, Ebenezer Scrooge, seorang tua pemilik jasa peminjaman uang seperti biasa menggerutu pada orang-orang yang merayakan semangat dan kebahagiaan Natal bersama keluarganya. Melewatkan undangan makan malam Natal keponakannya, Fred, Ebenezer malah pulang ke kediamannya, sebuah puri tua yang sangat sepi. Tak dinyana, mantan partner bisnisnya, Jacob Marley yang meninggal tujuh tahun lalu mengunjungi Ebenezer dalam wujud hantu! Dia memperingatkan Ebenezer akan didatangi tiga hantu dari masa lalu, masa kini dan masa depan yang kesemuanya berhubungan dengan Natal. Misinya Cuma satu yaitu menyadarkan Ebenezer dari keserakahan dan kesepiannya untuk mau bangkit membantu orang-orang di sekitarnya sebelum terlambat.

Gambar:
Visualisasi 3D yang mengasyikkan selayaknya yang tersaji dalam The Polar Express. Guratan wajah dan gestur tubuh cukup sempurna terpampang pada tampilan fisik keseluruhan karakter.

Voice:
Terakhir tampil dalam I Love You Phillip Morris di tahun yang sama, Jim Carrey kebagian menjadi penyulih suara Scrooge dari muda sampai tua, juga hantu Natal dari masa lalu sampai masa depan. Menarik bukan?
Colin Firth sebagai Fred
Gary Oldman sebagai Bob Cratchit / Marley / Tiny Tim
Robin Wright Penn sebagai Fan / Belle
Bob Hoskins sebagai Mr. Fezziwig / Old Joe

Sutradara:
Robert Zemeckis pernah bermain dengan grafis CGI dalam 2 film sebelumnya yaitu The Polar Express (2004) dan Beowulf (2007) sehingga remake A Christmas Carol ini seharusmya bukan hal baru baginya.

Comment:
Boleh dibilang salah satu cerita paling berpengaruh yang pernah ditulis sehingga sudah berkali-kali diterjemahkan secara bebas dalam bentuk karya seni apapun. Tantangannya adalah bagaimana tetap menampilkannya secara fresh dan kali ini Zemeckis mencobanya dalam format animasi 3D. Masalahnya durasi yang diberikan kepada tiga hantu Natal tersebut tidaklah sama, dan Hantu Masa Depan memegang sekuens terpanjang sehingga keseimbangan tidak tercapai. Interpretasi Carrey terhadap karakter Scrooge memang mengagumkan. Sayangnya dialah satu-satunya yang outstanding disini dibandingkan karakter-karakter lainnya. Konklusinya, A Christmas Carol adalah animasi yang cukup standar tetapi tidak sampai kehilangan tajinya meski harus diakui agak membosankan. Setidaknya semangat Natal coba ditampilkan disini, lengkap dengan alunan beberapa lagu Natal legendaris!

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office:
$22,308,913 till mid Nov 2009

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: