XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 07 November 2009

HALLOWEEN II : Kembalinya Michael Myers Demi Saudari Kandung

Quotes:
Laurie Strode-I'm not me.
Mya Rockwell-Who are you, then?
Laurie Strode-I'm Michael Myers' sister.

Cerita:
Beberapa waktu setelah pergulatan dengan psikopat pembunuh Michael Myers di sebuah bunker, Laurie Strode kerapkali dihantui mimpi buruk di tengah malam. Beberapa hari menjelang Halloween, Laurie semakin ragu bahwa Michael sudah tewas. Dugaan tersebut tidak salah karena Michael tengah kembali ke kota kelahirannya setelah lolos dari penjagaan mobil jenazah yang mengangkut tubuhnya. Lewat serangkaian peristiwa pembunuhan sadis, Laurie akhirnya mengetahui bahwa ia sebenarnya bernama Angel Myers dan saudari kandung Michael. Akankah tujuan Michael mendapatkan Laurie kembali berhasil?

Gambar:
Sebagian besar berlokasi di Georgia, USA, Halloween II kental dengan nuansa kelam malam yang mencekam. Beberapa adegan pembantaian teramat sadis walau diambil dari jarak jauh.

Cast:
Terakhir mendukung Obsessed (2009), Scout Taylor Compton kembali melanjutkan peran Laurie Strode. Disini ia terlihat lebih dewasa dan berusaha tegar menghadapi situasi sulit sekalipun.
Psikopat penjagal tinggi besar, Michael Myers dipegang oleh Tyler Mane yang pernah tampil dalam Troy (2004).
Psikiater Dr. Samuel Loomis dan Sheriff Lee Brackett masih dimainkan oleh dua actor kawakan, Malcolm McDowell dan Brad Dourif.

Sutradara:
Rob Zombie baru menghasilkan beberapa film dimana ia duduk di kursi sutradara. Namanya memang lebih dikenal sebagai penyanyi bersama grup bandnya yang pernah mengisi soundtrack Daredevil (2003) dalam tembang berjudul The Man Without Fear.

Comment:
Sempat kagum dengan usaha Zombie dalam meremake Halloween membuat saya berekspektasi lebih pada sekuelnya ini. Tetapi menit-menit awal yang menjanjikan hanya berhenti sampai memasuki dua pertiga film. Mengapa? Plot ceritanya hampir tidak ada karena scenario terasa dibuat dengan terburu-buru dan terkesan murahan. Karakterisasi Michael yang digambarkan detail psikologisnya di seri pertama kali ini hanya membunuh, membunuh dan membunuh dengan cepat dan sadis tanpa motif apapun sehingga terasa membosankan. Yang lebih mengganggu lagi, penampakan ibu kandung Michael dan kuda putih sepanjang Michael melakukan aksinya sungguh mengganggu. Maksud hati membangun visualisasi masa lalu sebagai paradigma Michael tetapi tidak tercapai korelasinya. Backsound klasik yang biasa melatarbelakangi Halloween series juga tidak terdengar samasekali disini. Cast meskipun sama tapi mereka tidak didukung penokohan yang kuat seperti sebelumnya, alhasil sulit bagi penonton untuk bersimpati pada sosok Laurie ataupun Sam Loomis. Kesalahan terbesar memang ada di sutradara yang seakan menghancurkan Halloween II sejak awal.

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office:
$33,096,757 till Nov 2009

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: