XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Kamis, 14 Mei 2009

SNIPER : Perang Psikologis Para Sniper Membekuk Gangster

Cerita:
Penembak jitu terbaik Kepolisian Hongkong, Hartman memiliki perseteruan dengan rekannya dulu, Lincoln yang juga sama-sama berprestasi. Semua itu terjadi karena Lincoln pernah mengakibatkan beberapa sandera terbunuh pada saat perampokan bank yang dikepalai Guan Hua beberapa tahun silam. Masa kini, OJ seorang penembak jitu berusia muda mulai mengikuti jejak kedua seniornya itu dengan menguasai skill tingkat tinggi. Ketika Guan Hua dibebaskan dari penjara oleh kawanannya Er Ge, tibalah saatnya bagi Hartman dan OJ bekerjasama untuk membekuknya kembali dimana saat itu Lincoln sudah berseberangan dengan Kepolisian karena sakit hatinya.

Gambar:
Adegan penembakan dari atas gedung bertingkat dan laju peluru mengenai sasaran seakan mengingatkan kita pada beberapa film aksi Hollywood.

Cast:
Melejit lewat peran Kepala Bawang dalam Fly Me To Polaris (1999), Richie Ren kali ini memerankan Hartman, kepala sniper yang tegas dan keras hati.
Edison Chen yang terakhir ambil bagian dalam versi IMAX The Dark Knight disini kebagian peran OJ, sniper muda berprestasi yang punya cara sendiri.
Huang Xiaoming sebagai Lincoln
Bowie Lam sebagai Shan Ge
Liu Kai Chi sebagai Er Ge

Sutradara:
Karier penyutradaraan Dante Lam diawali lewat Option Zero (1997), Sniper merupakan film ke-14 nya.

Comment:
Biasanya film action Mandarin hanya menjanjikan di awal dan terbukti halnya film ini. Pertengahan terasa sangat klise dan mudah sekali ditebak. Saat sniper muda direkrut, dilatih dan mengembangkan kemampuannya termasuk mendapat sentuhan gelap dari musuh instrukturnya seharusnya bisa dimaksimalkan sehingga niscaya cerita bergulir lebih menarik. Adegan aksi terekam dengan baik terutama saat peluru ditembakan dari jarak ratusan meter di ketinggian, juga pada saat latihan. Tetapi selebihnya tidak ada yang spesial. Fokus pada problematika karakter yang beragam sebetulnya bisa lebih dimaksimalkan dan entah kenapa terasa blur dan tanggung disini. Mungkin karena Richie, Edison, Huang terasa agak flat dalam berbagi chemistry satu sama lain. Akhir baris, Sniper hanyalah film action standar dengan potensi walaupun agak gagal dalam eksekusi.

Durasi:
80 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: