XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 17 September 2008

MISSING : Gangguan Jiwa Kehilangan Cinta?

Original title:
Sam hoi tsam yan

Storyline:
Psikiater cantik, Gao Jing dikenalkan oleh bekas pasiennya, Xiaokai kepada kakaknya, Guodong yang gemar menyelam. Guodong ingin mengajak Gao menyelam untuk melihat Feng Lai, kota kuno bawah laut di Kepulauan Ryukyu. Sebenarnya dia menyimpan sebuah cincin di lokasi tersebut dan bersumpah jika sudah menemukan cinta sejatinya, Guodong akan melamar wanita tersebut di sana. Namun ketika menyelam bersama, Guodong tewas dengan jasad ditemukan tanpa kepala. Gao yang sempat koma ingin mengubur kenangan atas Guodong tetapi merasa penasaran apa yang sesungguhnya terjadi saat kejadian itu berlangsung.

Nice-to-know:
Didistribusikan internasional oleh Mandarin Films Distribution Co.

Cast:
Angelica Lee sebagai Dr. Gao Jing
Isabella Leong sebagai Chen Xiao Kai
Chang Chen sebagai Simon
Guo Xiaodong sebagai Dave Chen Guo Dong
Tony Leung Ka Fai sebagai Dr. Edward Tong

Director:
Sejauh ini Tsui Hark sudah menggarap 40 film-film ternama Hongkong yang diawali lewat debutnya dalam Die bian (1979).

Comment:
Film ini dikategorikan drama horror thriller dan ditangani sutradara sekelas Tsui Hark dengan bintang Angelica Lee dan Isabella Leong. Terdengar menjanjikan bukan? Nyatanya penonton seperti diajak naik rollercoaster yang tiada tentu arahnya dengan pergerakan yang teramat sangat lambat.
Paruh pertama kita disuguhkan kejutan demi kejutan dalam nuansa horor seperti penampakan wanita berambut panjang, suara-suara dalam ruang sepi, isi kotak misterius dsb. Kesemuanya itu harus diakui cukup orisinil dan mampu mendirikan bulu kuduk anda. Pendalaman tiga karakter utama yakni Gao Jing, Guodong, Xiao Kai baru dimulai di paruh kedua. Flashback masa lalu dan masa kini seakan dipisahkan oleh tirai yang tipis, hal ini memang bertujuan untuk membuat penonton bertanya-tanya dan terus penasaran mengikuti alurnya. Namun sayangnya subplot demi subplot yang dikembangkan tidak terkendali tanpa terselesaikan dengan baik sehingga audiens seperti kehilangan fokus utama. Apa yang ingin disampaikan? Hubungan kekasih yang terpisahkan maut? Dokter-pasien yang absurd? Atau arwah penasaran yang ingin berpesan kepada yang hidup?
Terlepas dari segala kekurangan tersebut di atas, Missing masih unggul dalam segi sinematografi yang konsisten dengan sesekali mengambil scene di bawah laut. Momen kehilangan cinta yang emosional berusaha disampaikan akhirnya menutup ending nyaris tanpa konklusi. Antiklimaks!

Durasi:
115 menit

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

1 komentar:

JeRy QLay mengatakan...

nama lagu dalam film ini apa ya ??