XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 05 September 2008

GEORGIA RULE : Kompleksitas Wanita Tiga Generasi

Quotes:
Harlan-You're a dangerous girl, aren't you?
Rachel-It depends on what you define as dangerous.
Harlan-Safer to get thrown from a horse.
Rachel-But you don't have to brush me or feed me after riding me.

Cerita:
Rachel mendatangi neneknya Georgia untuk liburan musim panas, meninggalkan beberapa persoalan penting di rumah. Selepas mengantar, ibu pecandu alkoholnya bahkan terburu-buru kembali ke California untuk bersama suaminya. Rachel kemudian mengguncang kota kecil tersebut dengan polah tingkahnya yang bebas radikal sampai pada akhirnya ia membuka rahasia terdalamnya kepada salah satu teman baru dan ibunya Lilly kembali untuk mencari tahu kebenarannya. Saling memahami untuk merumuskan masalah pun tampaknya suatu hal yang sulit dilakukan..

Gambar:
Walau semua bersetting di California, suasana kota kecil berhasil diciptakan dengan baik lengkap dengan pemandangan sungainya yang tenang.

Act:
Kembali setelah terakhir muncul dalam Monster-In-Law, Jane Fonda kali ini berperan sebagai Georgia, wanita tua yang sepintas terlihat nyentrik tetapi bijaksana.
Pernah mendukung Freaky Friday (2003), Lindsay Lohan seakan menjadi dirinya sendiri sebagai Rachel Wilcox, gadis remaja pemberontak yang bermasa lalu kelam.
Felicity Huffman pertama muncul dalam Things Change (1988), dalam Georgia Rule bermain sebagai Lilly, seorang ibu eksentrik yang berusaha memahami hidupnya sendiri tetapi dari sudut pandangnya sendiri.
Dermot Mulroney yang paling dikenal mendampingi Julia Roberts dalam My Best Friend's Wedding (1997) memerankan Dr. Simon Ward yang berduka atas kematian istri dan anaknya 3 tahun silam.
Garrett Hedlund sebagai Harlan, remaja pria yang religius dan lurus-lurus saja hidupnya.

Sutradara:
Garry Marshall adalah orang senior perfilman Hollywood yang sudah banyak terlibat dalam puluhan judul baik sebagai aktor, produser, penulis skenario maupun sutradara. Karya layar lebar pertamanya adalah Young Doctors In Love (1986).

Komentar:
Karakter Rachel yang liar, blak-blakan, pembangkang juga aktif secara seksual menjadi sentral cerita yang menghubungkan ibunya dengan neneknya juga. Awalnya mungkin kita terganggu tapi pada akhirnya merasa itu hal yang sangat nyata dan bisa diterima. Terima kasih pada ketiga aktris utama yang berakting baik sehingga menghidupkan nyawa film ini dengan dibantu kaliberitas sang sutradara. Meski tidak sampai tahap berkualitas festival, Georgia Rule bisa menjadi refleksi kehidupan yang patut direnungkan bersama.

Durasi:
110 menit

U.S. Box Office:
$18,882,880 till Jun 2007

Overall:
7 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

1 komentar:

Ian Sp mengatakan...

Penyimpangan yang dilakuin georgia apa aja ya??