XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 04 Februari 2011

STRANDED : Terjebak Padang Pasir Penuh Kejutan

Storyline:
Sekelompok tentara Perancis ditugaskan ke Afrika Selatan untuk mencari para pengungsi yang masih selamat dalam kecelakaan pesawat. Masing-masing adalah Michel, Vacard, Aroui, Louvier, Saria dsb. Awalnya mereka pikir akan mudah saja menyelesaikan misi tersebut di tempat yang sepi itu. Namun tanpa diduga sebarisan pejuang lokal menyerang mereka yang dianggap musuh. Belum lagi intaian djinn, hantu penunggu padang pasir yang membuat satu persatu kehilangan akal sehatnya. Bagaimana mereka dapat bertahan?

Nice-to-know:
Diproduksi secara join oleh Delante Films, Karé Productions dan Agora Films.

Cast:
Grégoire Leprince-Ringuet sebagai Michel
Thierry Frémont sebagai Vacard
Saïd Taghmaoui sebagai Aroui
Cyril Raffaelli sebagai Louvier
Aurélien Wiik sebagai Saria

Director:
Debut penyutradaraan suami istri Hugues dan Sandra Martin.

Comment:
Film yang aslinya berjudul Djinns ini memang bercerita tentang Djinn yang merupakan hantu penunggu padang pasir. Namun bukan cuma itu yang menjadi tema utama horor Perancis ini melainkan ada beberapa subplot lagi seperti konflik intern antar para tentara atau ekstern dengan warga setempat, isu percobaan bom nuklir dsb. Menarik? Hm, jangan terlalu cepat menyimpulkan apalagi wajah-wajah pendukung film ini dijamin teramat asing bagi anda.
Suami istri Martin yang bertindak sebagai sutradara memang konsisten menghadirkan padang pasir sebagai latar belakangnya mulai dari siang hingga malam hari. Namun visual efek yang digunakan masih tergolong kasar walau sedikit terbantu dengan suasana gelap yang berangin terus menerus. Belum lagi perpindahan antar subplot yang tidak terlalu jelas batasan-batasannya sehingga penonton dipaksa untuk menuruti kemana alur film bergulir.
Jika mau ditelaah ke belakang, banyak sekali film dengan premis serupa yang jauh lebih menarik dari berbagai sisi. Bedanya ini adalah produksi Perancis yang biasanya tidak terlalu familiar dengan genre horor. Stranded kelihatan sekali tidak fokus dalam bercerita dan diperparah dengan penjelasan yang nyaris nihil akan hukum sebab akibat. Bukan berarti meragukan kecerdasan penonton tapi rasanya hal itu tetap diperlukan untuk mendukung logika inti yang ingin disampaikan. Beberapa hal yang dirasa mampu menjadi klimaks menggetarkan nyatanya tidak kunjung datang bahkan hingga credit title bergulir. Meninggalkan penonton dalam tanda tanya akan apa yang sesungguhnya baru mereka saksikan!

Durasi:
95 menit

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: