XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 27 Februari 2011

ANIMALS UNITED : Persatuan Binatang Tuntaskan Kekeringan

Storyline:
Sekelompok hewan dari berbagai jenis menantikan hujan deras yang diandalkan untuk menjadi pasokan makanan dan minuman mereka demi menyambung hidup. Namun hal tersebut tidak kunjung datang. Penyebabnya adalah manusia yang menghancurkan habitat mereka untuk membangun bendungan demi kepentingan resort mewah. Dipimpin oleh Billy dan Socrates, mereka mulai mencari cara untuk mengembalikan apa yang menjadi milik mereka sebelum semua benar-benar hancur tak bersisa.

Nice-to-know:
Berjudul asli Konferenz der Tiere dan didistribusikan di Indonesia lewat Cipta Mutu.

Voice:
Billy Beach sebagai Vulture 2
Jim Broadbent sebagai Winston
James Corden sebagai Billy
Stephen Fry sebagai Socrates
Nicola Devico Mamone sebagai Büffel Chino
Marc Diraison sebagai Cook
Omid Djalili sebagai Bongo
Jason Donovan sebagai Toby
Dawn French sebagai Angie
Thomas Fritsch sebagai Löwe Sokrates
Michael Glover sebagai Mr. Smith
Oliver Green sebagai The Koala Bear 'Ken'
Jason Griffith sebagai The Chimpanzee ' Toto'

Director:
Kerjasama ketiga bagi Reinhard Klooss dan Holger Tappe sejauh ini setelah diawali dengan Urmel aus dem Eis (2006).

Comment:
Harus diakui ide untuk mengimpor animasi Jerman ini ke jaringan bioskop Blitzmegaplex cukup berani, mungkin mengikuti jejak 21Cineplex yang mendatangkan Sammy’s Adventure dari Belgia beberapa waktu lalu. Keduanya sama-sama produksi Eropa dan kebetulan juga mengemban misi yang sama yakni penyampaian pesan perusakan lingkungan yang kerap dilakukan manusia.
Plot cerita Konferenz bisa dikatakan tidak ada. Konferensi yang dilakukan para hewan itulah yang menjadi benang merah disini. Selebihnya frame kamera berpindah-pindah dari satu scene ke scene lain yang menyuguhkan karakter masing-masing hewan tersebut. Tidak sulit diterka karena disajikan dengan gaya anak-anak sepenuhnya yakni komedi teramat ringan. Mungkin agak membosankan bagi para penonton dewasa tapi tidak ada salahnya mendampingi putra-putri anda sambil memberikan pengertian secukupnya.
Semua tokoh hewan disuarakan oleh aktor-aktor Inggris. Mungkin dimaksudkan agar lebih berkesan universal bagi pasaran internasional film ini. Namun saya pikir tidak akan banyak pengaruhnya dikarenakan faktor terlalu banyaknya karakter seperti sudah saya sebutkan di atas. Yang menarik adalah improvisasi Broadbent dan Fry yang terasa maksimal sedangkan Corden yang juga memegang peran inti justru terasa terbebani akan konsistensi yang harus disandangnya.
Animals United memang menyajikan animasi berefek 3D yang cukup detail dengan persiapan yang cukup matang. Namun jangan coba bandingkan dengan keluaran Disney/Pixar ataupun hasil studio major lainnya. Terlepas dari kelemahan-kelemahan mendasar di atas, film ini sejujur-jujurnya memperingatkan manusia untuk tidak semena-mena terhadap alam ataupun bumi yang menjadi tempat makhluk hidup berpijak. Bukankah harus kita wariskan kepada anak cucu kita kelak?

Durasi:
90 menit

U.K. Box Office:
£2,133,051 till Jan 2011

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: