XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 01 September 2012

THE CABIN IN THE WOODS : A Tribute To Timeless Horror Flicks

Tagline
You think you know the story.

Nice-to-know:
Tanggal rilis mengalami pemunduran hingga 3 tahun karena studio sempat berniat mengkonversi film ke format 3D walau ditentang oleh Joss Whedon dan Drew Goddard.

Cast:
Kristen Connolly sebagai Dana
Chris Hemsworth sebagai Curt
Anna Hutchison sebagai Jules
Fran Kranz sebagai Marty
Jesse Williams sebagai Holden
Richard Jenkins sebagai Sitterson
Bradley Whitford sebagai Hadley

Director:
Merupakan debut penyutradaraan Drew Goddard yang sebelumnya berpengalaman menulis berbagai serial televisi ternama.

W For Words:
Judulnya sederhana. Posternya pun tidak istimewa. Jangan buru-buru membuat keputusan bahwa ini akan menjadi thriller horor yang biasa-biasa saja karena anda akan tertipu mentah-mentah. Keterlambatan rilis internasional selama tiga tahun lebih dari rencana awal tak lantas menyurutkan animo para pecinta genre ini termasuk di Indonesia. Bahkan saya sempat berinisiatif mengakomodir ratusan suara terangkum dalam sebuah petisi yang ditujukan kepada jaringan 21 Cineplex untuk mempercepat tanggal penayangannya.

Dana dan sahabat sekamarnya Jules, sepakat mengajak bintang football sekolah, Curt berlibur di sebuah pondok tengah hutan. Turut serta adalah Holden yang segera memikat perhatian Dana dan si kutu buku geek, Marty. Ketika pintu bawah tanah terbuka, mereka turun dan menemukan artefak tua yang membangkitkan kumpulan zombie ganas yang mulai memburu kelimanya. Tak hanya itu, sebuah rahasia gelap tersimpan di balik semua itu dimana permainan nasib akan sangat menentukan hasil akhirnya.

Premis dan skenario yang dirancang secara brilian oleh duet Joss Whedon dan Drew Goddard sukses membawa genre ini ke tingkatan yang baru sekaligus lebih tinggi. Tidak lupa berbagai elemen sains fiksi, mitologi sampai satir dicampur aduk sedemikian rupa untuk menghasilkan plot cerita yang fresh dan unpredictable. Percayalah semakin sedikit anda mengetahui apapun tentang film ini, maka kenikmatan menontonnya akan semakin tinggi. Tinggalkan trailer, review atau diskusi yang terpampang dimana-mana sebelum menontonnya sendiri.

Goddard yang juga bertindak sebagai sutradara memang tidak menawarkan horor intens bergaya thriller slasher yang diharapkan. Sebaliknya kejutan demi kejutan bergaya dark humor yang berjalan meniti durasinya kerapkali membuat anda tergelak. Dialog-dialog simpel dari para pendukungnya mungkin terdengar klise di samping adegan-adegan yang juga terkesan familiar. Namun kinerja kamera yang liar dengan angle yang variatif berhasil menciptakan nuansa mencekam yang tidak umum.

Connolly, Hutchison, Hemsworth, Williams, Krantz yang diidentifikasikan sebagai "virgin", "whore", "jock", "scholar", "fool" tersebut menjiwai peran lima pelajar sesuai standarnya. Tak ada aksi bodoh atau reaksi murahan yang biasa terjadi sehingga masing-masing dari mereka mampu mendapatkan simpati penonton sejak awal untuk tidak menjadi korban. Kehadiran dua aktor senior, Jenkins dan Whitford serta satu aktris berpengalaman yang berada di balik ruang kendali semakin memperkuat jajaran cast kali ini.

Tak dipungkiri, The Cabin In The Woods menyimpan kejutan manis nan cerdasnya pada 30 menit terakhir dimana emosi anda akan dimainkan lewat pemaparan utuh konsep tak terduganya yang menjalin benang merah dengan setiap ikonik horor yang pernah ada. Brilian! Lupakan beberapa unsur logika yang terabaikan atau korelasi yang tak terdefinisikan, perjalanan pilihan anda ke pondok di tengah hutan ini akan sangat menyenangkan. Mungkin sedikit berlebihan jika saya menyebutnya sebagai sebuah surat kematian berdarah yang menjadi signature penghormatan dari sejarah film horor sepanjang masa.

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office:
$42,043,633 till July 2012

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: