XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 07 September 2012

DARK TIDE : Documentary Typical When Shark Doesn’t Bite

Tagline:
In Shark Alley, courage runs deep.

Nice-to-know:
Berdasarkan kisah nyata dari Amy Sorlie.

Cast:
Halle Berry sebagai Kate Mathieson
Olivier Martinez sebagai Jeff
Ralph Brown sebagai Brady
Luke Tyler sebagai Luke
Mark Elderkin sebagai Tommy

Director:
Merupakan feature film kedelapan bagi John Stockwell yang juga dikenal sebagai aktor ini.




W For Words:
Mungkin film bertemakan hiu sebaiknya tetap berada dalam format petualangan fiktif yang menjual kemustahilan seperti contohnya Jaws (1975) dan Deep Blue Sea (1999) yang laris itu. Jika pendekatan thriller documenter semacam ini, mengikuti pakem Open Water (2003), maka hasilnya belum tentu dapat memuaskan selera penonton mayoritas. Namun tampaknya duo produser Jeanette Buerling dan Matthew E. Chausse cukup percaya diri memasang nama dan tubuh berbikini Halle Berry sebagai jualan utamanya.

Ahli hiu lokal, Kate Mathieson mengalami trauma setelah pria yang menjadi figur ayahnya, Thambe tewas diserang hiu pada suatu kesempatan. Satu tahun kemudian, kekasihnya Jeff mengajaknya kembali ke laut untuk menyelesaikan masalah keuangan. Saat itulah, konglomerat temperamen Brady dan putranya Luke berani membayar tinggi untuk berenang bersama hiu di dalam kandang. Tugas yang terlihat mudah menjadi sulit tatkala Brady mulai berulah. Kate dan Jeff yang tengah rukun kembali bertengkar sekaligus mengantisipasi bahaya tak terduga yang mengancam.

Sutradara Stockwell menghabiskan bujet 25 juta dollar sebagian besar untuk membuat tipikal “dokumenter” yang mahal, terlihat dari lokasi syuting asli di Afrika Selatan mulai dari Cape Town hingga False Bay yang mengagumkan dan juga penggunaan efek CGI di dalam Pinewood Studios yang meyakinkan. Skenario milik Ronnie Christensen dan Amy Sorlie itu sendiri tidak mampu memungkiri kelemahan tempo dan tensi film yang turun naik. Bandrol film kelas B pun sulit dilepaskan, beruntung masih mendapat kesempatan rilis bioskop terbatas sebelum peluncuran DVD nya.

Halle Berry sendiri sudah melakukan upaya terbaiknya untuk memberi sisi emosional yang dibutuhkan dalam karakter Kate. Rasa trauma bercampur dengan kecintaan terhadap pekerjaan itu kerap menimbulkan dilema sendiri. Aktor senior Ralph Brown juga berhasil membangun sosok antagonis yang menggiring antipati penonton dengan karakter Brady yang pemarah dan menyebalkan. Bintang Perancis, Olivier Martinez sebaliknya tak menawarkan kontribusi apapun dengan karakter Jeff yang sedikit bicara dan tidak konsisten dalam penggambarannya tersebut.

Dark Tide merupakan film yang realistis lewat pengalaman fotografis yang nyata. Tontonan tepat bagi anda yang mencari keakuratan fakta tentang kehidupan liar spesies hiu putih di Afrika Selatan, kawanan predator yang sayangnya hanya kebagian sedikit korban kali ini. Sulit untuk mencerna apa yang sesungguhnya terjadi pada klimaks yang mengingatkan anda akan The Perfect Storm (2000). Ini adalah sekelumit kisah mengenai segerombolan orang yang “kebingungan” apakah harus menentang bahaya atau tidak dengan motif yang berbeda-beda. That’s what you get for such shark alley challengers.

Durasi:
94 menit

U.S. Box Office:
$42,043,633 till July 2012

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: