XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 14 September 2012

THE WATCH : Absolutely Predictable Alien Watchers


Quote: 
Evan: [Looking at green gunge] What a second I've seen this stuff before.
Franklin: Had you just won a Nickelodeon Kid's choice award?   

Nice-to-know: 
Awalnya film ini dikabarkan berjudul "Neighborhood Watch".

Cast: 
Ben Stiller sebagai Evan
Vince Vaughn sebagai Bob
Jonah Hill sebagai Franklin
Richard Ayoade sebagai Jamarcus
Rosemarie DeWitt sebagai Abby
Will Forte sebagai Sgt. Bressman
Doug Jones sebagai Hero Alien


Director: 

Merupakan feature film kedua bagi Akiva Schaffer setelah Hot Rod (2007) yang lebih banyak menangani acara Saturday Night Live ini.

W For Words: 
Intensi filmmakers sedari awal sudah jelas yaitu mengusung genre sci-fi comedy. Namun apakah tema alien tidak basi karena sudah dieksplorasi berulang kali dalam berbagai cara? Tampaknya duo produser Shawn Levy dan Tom McNulty masih cukup percaya diri dengan kwartet kocak Ben Stiller, Vince Vaughn, Jonah Hill dan Richard Ayoade yang diharapkan mampu menjaga kekuatan box-office nya terlebih di pasaran Amerika Serikat dan sekitarnya. Let’s see if it still works around the corner even after changing its’ original title.
 
Senior manager Costco, Evan mendapati salah satu petugas securitynya terbunuh mengenaskan di lingkungan kerja. Hal ini membuatnya berinisiatif mengumpulkan tim siskamling yang ternyata hanya menarik Bob, Franklin dan Jamarcus. Mereka sepakat mengintai kompleks tempat tinggal setiap malam untuk membekuk pelakunya yang disinyalir psikopat atau bahkan binatang buas. Rumah tangga Evan sendiri sedang bermasalah dimana istrinya Abby sangat mendambakan anak. Apa reaksi mereka saat mengetahui bahwa dalang di balik semua itu adalah kawanan alien yang berniat menguasai bumi?

Seth Rogen dan Evan Goldberg yang terkenal dengan komedi karakteristik dalam film-film sebelumnya kali ini tidak mampu menyuguhkan skrip yang fresh dan unpredictable. Terlampau banyak aspek dalam film bergenre serupa yang sudah digunakan sebelumnya, termasuk baru-baru ini dari Inggris yaitu Attack The Block (2011). Invasi alien yang dikombinasikan dengan satir gagal mengundang tawa ataupun ketegangan yang dibutuhkan untuk menjaga minat penonton. Belum lagi sempilan dialog dan adegan vulgar disana-sini yang tidak inspiratif samasekali, cenderung membuat kening berkerut.
 
Vaughn dengan tipikal family guy yang menghadapi masalah dengan putrinya tidak memberikan hal baru. Sama halnya Stiller yang malah berupaya menghidupkan momen menyentuh dengan istrinya gagal menunjukkan kepemimpinan di antara grup mereka. Jika harus memilih dua yang setidaknya likeable adalah Hill yang tengah naik daun dan Ayoade yang sedikit rasis. Keduanya mampu membangkitkan unsur komedik spontan tanpa harus bersusah payah. Penampilan khusus Billy Crudup sedikit membantu saat semua kecurigaan bertumpu pada karakter tetangga yang diperankannya.

Tampilan kawanan alien yang menyerbu bumi itupun amat tipikal, tidak inovatif dan tidak menyeramkan. Semua sisi yang dapat dijual The Watch pun nihil tak tersisa. Film ini hanya diperuntukkan bagi anda yang benar-benar menggemari old faces like Stiller and Vaughn or new ones like Hill and Ayoade yang “diyakini” kaliber di bidang komedi. Beri sedikit kredit pada sutradara Schaffer yang sebenarnya berbakat, terlihat dari kesiapan berbagai departemen pendukung. Yeah, faktor mitos makhluk angkasa luar itu sendiri sampai kapanpun tetap mengundang rasa penasaran, mengingat bumi bukanlah satu-satunya planet di dalam sistem tata surya kita ini. Who knows what is over there?

Durasi: 
102 menit

U.S. Box Office: 
$33,998,900 till Sept 2012

Overall: 
7 out of 10

Movie-meter:

Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: