XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 17 Oktober 2010

STEP UP 3D : Perebutan Uang dan Gengsi Kompetisi Tarian Dunia

Quotes:
Luke-What is it that you love about dance?
Natalie-Everything you need to know is in my dancing.
Luke-Everything?

Storyline:
Masuk ke universitas baru tidak membuat persahabatan Moose dan Camille putus. Mereka tetap akrab satu sama lain hingga Moose tidak bisa menyembunyikan ketertarikannya untuk tetap menari. Di sebuah taman umum, ia berkenalan dengan Luke yang membawanya ke gedung tua basis perkumpulan para penari hip-hop yang dinamakan The Vault. Luke bukannya tanpa niat karena tunggakan sewa gedung tersebut sudah 5 bulan tidak dibayar. Dan satu-satunya cara melunasinya adalah dengan memenangkan kompetisi dansa hip-hop dunia yang akan segera berlangsung. Di sisi lain, Luke juga harus berurusan dengan mantan partner dansanya, Julian yang sudah bergabung dengan Samurai, rival berat Pirates. Siapa yang akan keluar sebagai juara pada final World Jam tersebut?

Nice-to-know:
Adam G. Sevani dan Alyson Stoner sudah pernah bekerjasama sebelumnya dalam beberapa iklan 'JC Penney', video klip Missy Elliott dan rekaman Youtube mereka yang berjudul "Thriller" Remix.

Cast:
Sebelumnya mendapat peran kecil dalam Surrogates (2009) nya Bruce Willis, Rick Malambri bermain sebagai Luke, pentolan grup penari hip-hop Pirates.
Adam G. Sevani sebagai Moose
Sharni Vinson sebagai Natalie
Alyson Stoner sebagai Camille
Joe Slaughter sebagai Julien

Director:
Pria kelahiran Palo Alto pada 2 November 1979 bernama Jon M Chu ini masih melanjutkan Step Up 2 : The Streets (2008) yang juga ditanganinya.

Comment:
Sudah terbukti sebelumnya bahwa dalam film-film yang menonjolkan tarian, cerita bukanlah yang utama. Dan hal tersebut diulangi lagi disini. Plot ceritanya seperti ditulis dalam waktu 15 menit saja oleh duet penulis Amy Andelson dan Emily Meyer sehingga menghasilkan storyline yang klise.
Belum ditambah kinerja Duane Adler dalam menyusun dialog para karakternya yang benar-benar terasa easy dan cheesy. Kedua hal itu tidak dipungkiri sangat mempengaruhi akting para pemainnya. Di luar fakta bahwa nyaris semua aktor-aktrisnya adalah dancer, keempat tokoh utama mendapatkan porsi yang cukup dominan. Sevani sebagai Moose harus diakui lebih berkarakter dibandingkan Malambri sebagai Luke. Sevani seakan dihadapkan pada dua pilihan, studi atau tari dan chemistrynya dengan Stoner terkesan lebih jujur. Sayangnya fokus cerita lebih terarah pada pasangan Malambri dan Vinson yang tidak jauh beda dengan apa yang disuguhkan film-film sejenis sebelumnya.
Di samping empat nama di atas, para dancer asli itu menjalankan tugasnya dengan baik. Termasuk si kembar Santiago yaitu Martin dan Facundo Lombard serta Chadd Smith sebagai Robot Dance Vlad yang cukup mencuri perhatian.
Beruntung sutradara Chu tidak berlama-lama dalam bercerita, melainkan tetap berpusat pada konsep utama dalam melahirkan suatu tontonan tari hiphop yang koreografinya fresh dengan track-track R&B andalan dari nama-nama seperti Flo Rida, T-Pain, Mims, Busta Rhymes dll yang ear-catchy itu. Dalam hal ini Chu menyiasatinya dengan mempercepat tempo dan memaksimalkan unsur 3D yang sejak semula dibebatkannya. Nice work! Lihat openingnya saat Sevani menyuguhkan tarian pembuka di taman hiburan. Atau gelembung-gelembung sabun yang berwarna-warni saat Malambri dan Vinson bermain bersama. Atau warna-warni kostum The Pirates di tarian pamungkas. Semua itu menjadikan Step Up 3D tersaji dalam tarian berenergi tinggi yang dikombinasikan dengan permainan kamera yang inovatif. Layak tonton terutama anda yang sudah mengikuti dua prekuelnya. Nilai 7.5 untuk 2D dan 8 untuk 3D nya!

Durasi:
105 menit

U.S. Box Office:
$42,240,870 till mid Oct 2010

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: