XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 13 Oktober 2010

BEFORE SUNSET : Pertemuan Kedua Fase Kehidupan Berbeda

Quotes:
Celine-Memory is a wonderful thing if you don’t have to deal with the past

Storyline:
Jesse terbang dari Amerika ke Perancis untuk mempromosikan buku terbarunya. Tanpa diduga ia bertemu kembali dengan Celine, gadis Perancis yang pernah terlibat “hubungan unik” dengannya 9 tahun yang lalu. Tentu saja banyak yang telah berubah dalam kehidupan mereka dimana Celine sudah bekerja di organisasi perlindungan lingkungan sedangkan Jesse sudah menikah dengan satu anak. Sambil menunggu penerbangan Jesse yang tersisa 7 jam, keduanya sekali lagi menghabiskan waktu bersama dengan kisah-kisah kehidupan masing-masing yang penuh makna dan kenangan.

Nice-to-know:
Jesse yang diperankan Hawke diceritakan mengalami pernikahan yang gagal setelah istrinya mengandung. Pada kehidupan nyata setelah rilis film ini, Hawke juga menceraikan istrinya, Uma Thurman yang tengah hamil anak pertama mereka.

Cast:
Ethan Hawke terakhir mendukung Denzel Washington dalam Training Day (2001) dan disini kembali berperan sebagai Jesse.
Julie Delpy sebelumnya tampil dalam Looking for Jimmy (2002) dan kali ini melanjutkan karakter Celine.

Director:
Salah satu karya Richard Linklater yang paling berkesan bagi saya adalah The School of Rock (2003).

Comment:
Di akhir Before Sunrise, Jesse dan Celine berjanji untuk bertemu enam bulan lagi tetapi nyatanya tidak kesampaian dan malah berjumpa sembilan tahun kemudian! Sebuah plot sekuel yang sangat tidak biasa, bukan? Toh film ini tetap melanjutkan apa yang tertinggal sejak perjumpaan di Vienna itu. Jesse dan Celine sudah beranjak dewasa. Dan hal itu mampu diperlihatkan Hawke dan Delpy dengan maksimal. Hawke menyuguhkan karakter pria dewasa yang terjebak dalam perkawinan yang tidak membahagiakannya sedangkan Delpy membawakan karakter wanita mandiri yang tidak terlalu mementingkan cinta. Keduanya juga masih menampilkan chemistry yang kuat dimana perasaan-perasaan terpendam di antara keduanya masih tersimpan.
Sutradara Linklater berhasil menerjemahkan cinta remaja yang penuh mimpi menjadi asmara dewasa yang serba rumit. Sayang durasinya seperti terlalu singkat apalagi open ending yang mungkin bagi sebagian orang cukup mengganggu tapi sebetulnya bermakna dalam, membuat penonton menginterpretasikan sendiri dengan pendalaman masing-masing.
Before Sunset meskipun menyajikan plot cerita yang terlihat biasa akan membawa anda mengarungi makna kehidupan. Dialog-dialog yang jujur dan menyentuh layaknya membaca novel percintaan yang mengasyikkan. Bagaimana tahun demi tahun akan merefleksikan pandangan hidup anda tentang cita, cinta dan bahkan pernikahan. Dengan sisi artistik dan penambahan elemen musik yang semakin baik, film independen ini akhirnya diakui dunia lewat berbagai nominasi Oscar yang diterimanya. Two thumbs up!

Durasi:
80 menit

U.S. Box Office:
$5,792,822 till end of Oct 2004

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: