XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 14 April 2012

DARK FLIGHT 3D : Frustration Among Characters Also Viewers


Tagline:
Have a safe journey!

Nice-to-know:
Film yang berjudul asli 407 Tiawbin Phee ini rilis di Thailand pada tanggal 22 Maret 2012.

Cast:
Marsha Vadhanapanich sebagai New
Peter Knight
Poramet Noi-um
Anchalee Hassadivichit
X Thiti
Namo Tongkumnerd
Patree Taptong

Director:
Isara Nadee sebelumnya menangani Art of the Devil 2.

W for Words:
Thailand pertama kali dikenal lewat sajian horornya yang sukses go international seperti Shutter (2004) atau Alone (2007), bahkan yang terbaru Laddaland (2011) sukses menyabet 14 nominasi dari total 16 kategori dalam ajang Thai National Film Awards 2012 baru-baru ini. Meskipun pernah rilis sebelumnya Maenak 3D, film produksi Five Star Production ini tetap mengklaim dirinya sebagai film 3D Thailand pertama dimana pesawat terbang menjadi setting utamanya di sepanjang durasi.

Pramugari bernama New berhasil selamat dari kecelakaan maut pesawat 10 tahun silam. Kini ia memutuskan untuk terbang lagi bersama awak dan kru pesawat SA 407 lain demi mengobati trauma psikologisnya. Selama penerbangan banyak kejadian supernatural terjadi sehingga membuat para penumpang panik. Teror arwah penasaran semakin menjadi dan menyebabkan korban nyawa satu persatu berjatuhan. Akankah pesawat maut tersebut akan mengulang takdirnya?
Terinspirasi oleh Airplane! (1980) yang bergenre komedi dan sederetan judul lainnya yang bergenre thriller semacam Air Panic (2002) atau Snakes On A Plane (2005), film ini justru bermain dalam pakem horor murni! Sayangnya semua plot sudah terbaca sejak menit pertama dan tidak menyisakan twist yang menarik lagi untuk ditunggu penonton. Momen-momen menakutkan memang lebih tercipta lewat sikap paranoid penumpang yang tak jarang bereaksi berlebihan lewat teriakan keras ataupun tindakan berdarah dibandingkan sosok hantu yang sangat mengandalkan make-up tersebut.

Marsha Vadhanapanich yang berakting brilian dalam Alone (2007) kali ini tidak mendapat porsi yang memadai untuk mengeksplorasi karakternya secara tepat. Karakter kru pesawat yang dimainkan oleh Peter Knight dan juga seorang biksu muda sengaja dihadirkan untuk menggali masa lalu New yang tersimpan rapat itu. Selebihnya adalah X Thiti yang bermain sebagai pramugara feminin, Namo Tongkumnerd sebagai backpacker bebas, Sisangian Siharat sebagai gadis turis Hongkong serta Poramet Noi-um-Anchalee Hassadivichit-Patree Taptong sebagai keluarga bermasalah. Problem masing-masing di antara mereka amat terasa tarik-ulurnya demi memperpanjang durasinya.
Efek 3D nya tergolong minor tanpa perlu saya sebutkan satu persatu. Hal yang lebih menarik justru perubahan fisik pesawat mulai dari interior hingga eksterior yang sukses membuat penonton tercekat membayangkan bagaimana jika mereka ada di dalam situasi serupa yang bikin frustrasi. Dark Flight 3D nyaris tidak menawarkan sesuatu yang baru kecuali fakta bahwa inilah produksi negeri gajah putih yang masih melulu membuat iri industri perfilman kita yang terus berkutat di genre itu-itu saja. Ah andai saja 407 tidak pernah dimaksudkan untuk terbang kembali apalagi mendarat kemudian!

Durasi:
103 menit

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: