XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 27 April 2012

EXORCISMUS : Twisted Unique Ending Possession Movie


Original title:
La posesión de Emma Evans

Nice-to-know:
Film yang diproduksi oleh Filmax ini sudah rilis di negara asalnya Spanyol pada akhir tahun 2010 yang lalu.

Cast:
Sophie Vavasseur sebagai Emma
Stephen Billington sebagai Christopher
Richard Felix sebagai John
Jo-Anne Stockham sebagai Lucy
Lazzaro E. Oertli Ortiz sebagai Mark
Isamaya French sebagai Rose
Tommy Bastow sebagai Alex

Director:
Merupakan film kedua bagi Manuel Carballo setelah El último justo (2007).

W for Words:
Baru saja minggu lalu bioskop kita didatangi The Devil Inside (2012) yang bercerita tentang pengusiran setan, maka minggu ini ada La posesión de Emma Evans yang justru sudah rilis dua tahun sebelumnya. Premis film sejenis memang tidak jauh berbeda dimana selalu dihadirkan kondisi normal dahulu sebelum serangkaian peristiwa mencekam semakin menegaskan ketidak normalan yang terjadi pada tokoh utamanya. Yes, it’s another God versus evil!

Emma Evans yang baru berusia 15 tahun terlibat argumentasi dengan ibunya yang melarangnya pergi ke konser di London dengan kawan-kawannya, Rose dan Alex. Emma yang dianggap menderita gangguan psikologis justru lebih menampakan gejala kerasukan dimana tindakan “bawah sadar” nya cenderung membahayakan orang-orang sekitarnya. Pertemuannya dengan Pendeta Christopher memulai usahanya untuk lepas dari pengaruh iblis yang menghinggapi dirinya lewat serangkaian prosesi exorcism.
Pendekatan dokumenter dilakukan oleh sinematografer Javier Salmones sehingga penonton seakan berada lebih dekat dengan tokoh-tokohnya. Sutradara Manuel Carballo banyak bermain dengan efek suara menggelegar yang berhasil membangun suasana mencekam terlepas dari “biasa”nya gambaran kejadian supernatural yang menimpa Emma Evans.

Alih-alih terlihat menyeramkan yang biasanya terjadi seperti posisi tubuh yang berbalik, berjalan di dinding atau mengutuk dengan bahasa yang asing di telinga, Sophie Vavasseur justru lebih terlihat sebagai gadis biasa yang mengalami masalah perilaku karena tekanan di rumah. Emosi naik turunnya saat ia menjadi dirinya dan bukan dirinya jelas sesuatu yang tidak mudah dilakukan terlebih melibatkan interaksi dengan ayah, ibu, adiknya atau Pendeta Christopher yang juga dimainkan dengan baik oleh Stephen Billington yang mengalami kegagalan di masa silam.
Kelebihan Exorcismus adalah twist tak biasa yang disempilkan di penghujung cerita. Konklusi setengah jam terakhir yang membahas motif Emma dan modus Christopher sejak awal memang timbal balik saling mempengaruhi hasil akhirnya. Hal yang menarik disini adalah sang iblis tidak muncul dalam situasi klise horor Amerika biasanya melainkan kondisi normal pada siang hari atau luar ruangan sekalipun. Pengalaman yang tentunya cukup menakutkan bagi anda jika sang iblis terkesan lebih kuat daripada manusia yang kehilangan iman dan kepercayaannya itu.

Durasi:
98 menit

U.S. Box Office:
€270,086 till Dec 2010 in Spain

Overall:
7 out of 10
Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: