XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 07 April 2012

ACT OF VALOR : Heroic Courage Real-Life Heroism


Tagline:
The only easy day was yesterday.

Nice-to-know:
Film ini dibintangi oleh tentara Navy SEALs dan SWCC Amerika yang sesungguhnya demi menghindari kekecewaaan akan sedikit penyimpangan fakta.

Cast:
Alex Veadov sebagai Christo
Roselyn Sanchez sebagai Lisa Morales
Nestor Serrano sebagai Walter Ross
Jason Cottle sebagai Abu Shabal
Emilio Rivera sebagai Sanchez

Director:
Merupakan kolaborasi feature film pertama bagi Scott Waugh dan Mike McCoy setelah sebuah dokumenter pendek Navy SWCC di tahun 2007.

W for Words:
Pernah menyaksikan film bertemakan perang sebelumnya? Saya yakin sudah dalam berbagai kualitas mulai dari baik hingga buruk sekalipun. Kali ini penulis skrip Kurt Johnstad menjaga plot cerita sesederhana mungkin yaitu seorang agen CIA -yang bukan kebetulan adalah seorang wanita- diculik di Costa Rica hingga para petinggi menugaskan 8 anggota NAVY SEALs yang dipimpin Letnan Rorke dan Chief Dave untuk menyelamatkan sekaligus membekuk otaknya yaitu Christo dan Abu Shabal walau harus keliling dunia dengan tanggungan resiko yang tidak mudah yaitu nyawa mereka sendiri.

Adegan pembuka yang memperlihatkan Roselyn Sanchez disiksa secara brutal demi mendapatkan informasi mungkin akan membuat anda terpekik. Tidak heran jika dialah satu-satunya wajah yang anda kenal disini, selebihnya para aktor yang bermain merupakan anggota NAVY SEALs yang asli mulai dari penembak jitu, petarung di darat, air sampai ahli komando. Ketidakpedulian untuk memperkenalkan nama satu persatu bisa jadi menjelaskan bahwa sutradara Mike McCoy dan Scott Waugh hanya menuntut aksi mereka untuk menuntaskan misi dengan meminimalisir jatuhnya korban.
Pada kehidupan nyata, mereka adalah suami sekaligus ayah dari istri dan anak-anaknya yang harus menerima kenyataan pahit melepas kepergian pria yang dicintainya dengan resiko 50:50 kembali selamat! Namun di lapangan, penonton akan menjadi saksi bagaimana mereka amat mahir menyusun strategi, menggunakan senjata ataupun berkelahi tangan kosong. Interaksi minimum sempat tercipta saat pertukaran dialog antara Letnan Rorke dan Chief Dave yang menjadi highlight menarik film.

Act of Valor yang lebih terasa sebagai video game combat dibandingkan sebuah action thriller ini menjual maskulinitas para tentara yang berani menyambang nyawa tatkala menyergap musuh di medan perang yang asing sekalipun. Serentetan realisasi adegan dibuat senyata mungkin oleh McCoy-Waugh termasuk menggunakan handheld camera di beberapa bagian yang tak jarang membuat mata anda tak berkedip sambil menahan nafas. Meski demikian kesan superioritas Amerika Serikat di sepanjang film tak dapat dihilangkan begitu saja. Well, propaganda or not, u can judge by the humanity sides.

Durasi:
110 menit

U.S. Box Office:
$56,092,474 till March 2012

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

1 komentar:

MRPBlog mengatakan...

Hehe, propoganda... Berarti Captain America juga tuch bro... :D