XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 22 Maret 2010

CAPE NO 7 : Pergulatan Membentuk Band dan Menemukan Jati Diri

Storyline:
Vokalis band, Aga kembali ke Hengchun dengan rasa frustrasi. Model Jepang, Tomoko ditugaskan untuk mengatur aksi panggung band lokal sebagai pemanasan konser pantai superstar Jepang, Atari Kousuke. Bersama lima orang biasa asli Hengchun, Aga harus membuktikan kemampuan mereka dengan modal yang minimal yang dipunyai sekalipun.

Nice-to-know:
Mewakili Taiwan untuk bersaing di Film Berbahasa Asing Terbaik Academy Awards 2009 tetapi sayangnya tidak masuk daftar nominasi.

Cast:
Biduan Taiwan ternama, Van Fan memulai debut layar lebarnya sebagai Aga.
Chie Tanaka sebagai TomokoMin-Hsiung sebagai Rauma
Wei-min Ying sebagai Frog (as Wei-Min Ying)
Nien-Hsien Ma sebagai Malasun
Johnny Chung-Jen Lin sebagai Old Mao (as Johnny C.J. Lin)
Joanne sebagai Dada
Shino Lin sebagai Mingchu

Director:
Film kedua bagi Wei Te-Sheng setelah debutnya About July (1999).

Comment:
Saya dapat mengerti mengapa film ini dapat memecahkan rekor box-office di Taiwan sampai 100x lipat biaya produksinya! Sebab film ini dibuat oleh orang Taiwan untuk penduduk Taiwan. Tipe kehidupan rakyat Taiwan bagian Selatan digambarkan dengan detail, dimana kaum tua tidak pernah meninggalkan tempat kelahirannya dan juga sulit beradaptasi dengan perkembangan jaman. Beberapa dialek Taiwan juga akan sulit dimengerti dikarenakan pengertiannya yang berbeda dengan apa yang ditangkap telinga. Beberapa kelakuan/sifat karakter utama yang ditampilkan disini rasanya juga tidak terlalu positif tapi nampaknya hal tersebut diterima sebagai bagian dari kebiasaan mereka. Plot ceritanya simpel dan diceritakan dengan datar. Background Jepang sedikit disisipkan disini walau tidak banyak berpengaruh kecuali untaian kalimat-kalimat indah dari surat-surat jaman dahulu yang tidak terposkan. Ditambah dengan ilustrasi musik yang cukup menyenangkan dan penampilan pamungkas yang menari tentunya. Cape No 7 yang dikatakan komedi romantis rasanya hanyalah komedi biasa yang akan sulit dinikmati penonton non-Taiwan apalagi durasinya yang lebih dari dua jam, membuat kita seakan ingin mengambil remote control.

Durasi:
125 menit

Asian Box Office:
TWD 500,000,000 till Oct 2008

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: