XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 17 Juni 2009

NO-DO : THE BECKONING

Tagline:
Listen to the dead.

Storyline:
Pada tahun 1947, 3 gadis kecil asrama Katolik pernah bersaksi melihat Perawan Maria dan memutuskan mencoba menyembuhkan orang-orang. 50 tahun kemudian, Uskup Katolik yang hidup di rumah tua dan dokter Pedro bersama istrinya Francesca memutuskan menyewa rumah tersebut untuk membesarkan bayi mereka yang baru lahir, Pablo. Namun loteng dan basemen selalu terkunci dengan alasan renovasi yang sedang dilakukan gereja. Sementara itu Francesca terobsesi akan keselamatan Pablo seringkali diganggu mimpi buruk dan suara-suara di luar batas kewajarannya. Apa yang sesungguhnya pernah terjadi di tempat tersebut?

Nice-to-know:
Film ini didedikasikan untuk pembuat film asal Spanyol, Joaquim Jordà (1935 - 2006).

Cast:
Ana Torrent sebagai Francesca
Francisco Boira sebagai Pedro
Héctor Colomé sebagai Miguel
María Alfonsa Rosso sebagai Blanca
Miriam Cepa sebagai Rosa

Director:
Sejauh ini merupakan film ke-8 bagi Elio Quiroga yang mengawali karirnya di tahun 1988 itu.

Comment:
Spanyol cukup sukses menghasilkan beberapa horor/thriller yang cukup memorable seperti The Orphanage ataupun The Devil’s Backbone. Kali ini mengambil setting rumah tua yang dipenuhi gangguan supernatural dengan latar belakang NO-DO alias Noticiarios y Documentales yang merupakan video dokumenter asli yang memperlihatkan aktifitas supernatural yang ditangkap kamera dengan teknik khusus.
Penulis sekaligus sutradara Quiroga sepertinya mendapat banyak pengaruh dari horor Jepang yang banyak mengedepankan setting lorong rumah yang gelap dan sepi. Bedanya kali ini dibalut oleh semangat gereja Katolik yang mengusung berbagai hipotesa perihal penampakan iblis yang sangat dekat dengan kehidupan manusia sehari-hari.
Karakterisasi dalam film ini memang terasa terlalu linier. Fransesca yang sepintas terganggu jiwanya akibat peristiwa pahit di masa lalu ataupun Pastor Miguel yang terkesan lambat bereaksi dalam mencermati kasus-kasus yang dihadapinya. Dengan demikian, penonton pun sulit diajak menyelami masing-masing tokohnya disini meski dari segi akting tidaklah buruk.
No-Do : The Beckoning lumayan sukses mendirikan bulu kuduk dengan berbagai penampakan mengerikan dan tiba-tiba. Banyak mengandalkan bantuan spesial efek yang untungnya tidak terlalu berlebihan. Walaupun screenplay nya masih terkesan berantakan dan setengah bergaya documenter, film ini akan memberikan persepsi horor Latin yang baru bagi anda terutama dengan elemen misteri dan twist yang tidak susah diterka arahnya.

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office:
MXN 7,000,000 in Mexico till Nov 2009

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: