XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 05 Juni 2009

FAR CRY : Keluar Dari Basis Misterius Tentara Buatan

Tagline:
Dr. Krieger: You're just a simple boat man.
Jack Carver: I didn't say anything about being simple.

Storyline:
Pensiunan pasukan khusus, Jack Carver kini merintis usaha jasa angkutan yang mempertemukannya dengan seorang fotografer wanita, Valerie Constantine. Valerie meminta Jack mengantarnya ke sebuah basis peninggalan Jepang untuk membawa pulang pamannya, Max yang hilang secara misterius. Misi yang sepintas mudah ternyata sebaliknya. Basis tersebut telah berubah menjadi pelatihan prajurit-prajurit kebal peluru dan tahan rasa sakit. Kini Jack dan Valerie pun harus berjuang untuk keluar hidup-hidup dari tempat tersebut!

Nice-to-know:
Film yang diangkat dari video game ini diproduksi oleh Boll Kino Beteiligungs GmbH & Co. KG yang berkolaborasi dengan Far Cry Productions dan Brightlight Picture.

Cast:
Mulai dikenal di Hollywood semenjak The Replacement Killers (1998) bersama Chow Yun Fat dan Mira Sorvino, Til Schweiger kali ini berperan sebagai Jack Carver
Emmanuelle Vaugier sebagai Valerie Cardinal
Natalia Avelon sebagai Katia Chernov
Udo Kier sebagai Dr. Lucas Krieger
Chris Coppola sebagai Emillio
Ralf Moeller sebagai Max Cardinal

Director:
Pria kelahiran Jerman bernama Uwe Boll ini mengawali karirnya lewat sebuah film berformat video yaitu German Fried Movie di tahun 1991.

Comment:
Setiap pecinta film yang rajin mengikuti perkembangan tokoh-tokoh di baliknya mungkin tidak akan menghargai hasil karya seorang Uwe Boll yang kerapkali menghasilkan film dengan kualitas yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Malangnya hari ini saya menonton salah satu karyanya tanpa menyadari siapa sutradaranya sampai credit title bergulir! Setidaknya selama lebih kurang 90 menit, saya bisa bersikap netral menyaksikannya.
15 menit pertama dapat dikatakan tidak bersinergi dengan plot cerita secara keseluruhan. Ini merupakan ciri khas Boll yang sering mencampur adukkan berbagai elemen mulai dari seks, kekerasan, kesadisan dsb tanpa logika yang jelas. Namun setelah melewati opening, rasanya lebih baik jika menyikapi film ini sebagai sebuah film aksi yang berdiri sendiri. Plot standar dimana pihak baik yang sempat ditawan pihak jahat hingga akhirnya mampu menuntaskan misinya dengan sempurna.
Dari segi departemen akting memang tergolong buruk. Schweiger lebih baik beraksi mempertahankan keselamatan dirinya dibandingkan harus berdialog panjang karena suaranya sendiri terdengar pelan dan tidak jelas. Vaugier juga tidak kebagian sesuatu yang berarti. Sedangkan dari villain, Kier juga gagal menampilkan sosok antisimpatiknya, justru Avelon yang lumayan memancing emosi dengan peran bitch bad lady yang dingin dan kejam.
Penggunaan semua senjata dan properti disini memang terlihat palsu. Namun tempo cepat yang menutup separuh durasi terakhir film ini dengan serentetan adegan aksi terbukti cukup ampuh untuk menutupi kelemahan-kelemahan yang dimiliki. Dan kalau boleh jujur, Far Cry masih lebih baik dibandingkan film-film Boll lainnya ataupun film-film action Hollywood yang tampak terlalu sibuk menghabiskan bujetnya.

Durasi:
90 menit

Europe Box Office:
€566,594 till Nov 2008 in Germany

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: