XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 08 Juli 2011

ATTACK THE BLOCK : Geng Remaja London Hadapi Serangan Alien

Quotes:
Sam: We should call the police.
Pest: You'd be better off calling the Ghostbusters love.

Storyline:
Di sebuah pemukiman menengah ke bawah London Selatan, pada suatu malam gang remaja berandalan yang dipimpin Moses memeras suster muda yang baru lulus, Sam. Selang beberapa waktu kemudian, alien meluncur turun ke Bumi yang lantas langsung dihabisi oleh Moses dkk. Mereka tidak menyadari bahaya yang lebih besar mengintai dimana kumpulan alien lain tiba juga di kompleks tempat tinggal mereka untuk membalas dendam? Moses, Brewis, Pest, Dennis, Jerome pun mulai mempersenjatai diri mereka masing-masing untuk bertahan sekaligus memenangkan pertempuran tak terduga ini.

Nice-to-know:
Penulis sutradara Joe Cornish terinsipirasi dari kehidupan pribadinya dahulu dalam membuat film ini.

Cast:
John Boyega sebagai Moses
Nick Frost sebagai Ron
Jodie Whittaker sebagai Sam
Luke Treadaway sebagai Brewis
Jumayn Hunter sebagai Hi-Hatz
Alex Esmail sebagai Pest

Director:
Merupakan feature film pertama bagi Joe Cornish setelah 1 dokumenter dan 2 serial konsumsi televisi sebelumnya.

Comment:
Jujur saja saat menyaksikan trailer film ini saya merasa pesimis. Demikian pula dengan beberapa penonton lain di sebelah saya yang mengatakan film ini lebih layak ditonton di DVD saja. Bukan apa-apa. Sudah banyak film sejenis bermunculan ke permukaan dengan hasil akhir yang mengecewakan dan terkesan membodohi penonton. Namun tidak fair rasanya jika saya tidak memberi kesempatan pada film yang mendapat rating cukup tinggi di IMDB ini untuk ditelaah lebih jauh.
Garis besar cerita adalah sekumpulan manusia yang berusaha bertahan hidup dari invasi alien mematikan. Memang terdengar sama saja dengan film-film bergenre sejenis. Untungnya Cornish kali ini memperkuat penokohan para karakter utamanya yang sudah “tidak biasa” itu dengan variasi tersendiri dimana pertukaran sudut pandang menjadi sebuah hal yang menarik disini. Unsur S.A.R.A juga turut ditambahkan sebagai atribut krusial tanpa bermaksud mengundang kontroversi luas.
Kinerja Cornish sebagai sutradara memang patut diacungi jempol. Plot yang terlihat klise mampu disiasati dengan baik sehingga membuat audiens tetap di kursi masing-masing menerka-nerka suguhan berikutnya. Dialog yang tercipta diantara para karakternya juga cukup smart terlepas dari beberapa penggunaan kata-kata yang tidak pantas di bagian openingnya. Tidak lupa menyebutkan sinematografi yang energetic dengan tempo yang pas sebagai latar aksi yang memikat.
Penampakan kawanan alien disini lebih mirip gorilla. Makhluk besar berbulu hitam lebat yang dilengkapi dengan gigi-gigi hijau bercahaya. Tampilan yang minimalis dan agak tradisional sehingga terkesan mudah disiasati dari segi visual/spesial efeknya. Put some men behind the costumes and you can add some visual graphics. Voila! Faktanya bisa jadi tidak sesederhana itu. Tidak ada salahnya karena momok mengerikannya tetap dapat tercapai secara maksimal.
Aktor aktris yang paling mencuri perhatian kali ini adalah Boyega dan Whittaker. Bagaimana karakter keduanya mengalami turning point sedemikian rupa. Moses dan Sam sama-sama memulai dari kesalahan dan kesalahpahaman tapi pada akhirnya mampu memperbaiki semua itu. Esmail juga bermain menarik sebagai Pest. Sedangkan bintang senior seperti Frost tetap memberikan warna tersendiri sebagai pengedar obat yang menyedihkan nasibnya.
Attack The Block terbukti mampu menghibur dalam hal memancing tawa dengan black humor sense nya plus memacu adrenalin dengan chasing scenes nya dari berbagai setting lokasi mulai dari jalan raya London plus gedung apartemen sepi yang temaram di malam hari. Awalnya anda akan membenci anak-anak muda ini karena satu dan lain hal tapi pada akhirnya mampu bersimpati sekaligus peduli pada nasib mereka masing-masing. Dan jangan lupa, semuanya dikemas dalam nuansa British yang kental!

Durasi:
85 menit

U.K. Box Office:
£2,444,205 till Jun 2011

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: