XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 29 Desember 2010

THE TOURIST : Ketika Tersangka Jatuh Dalam Intrik dan Cinta

Quotes:
Elise: I'm sorry, I got you involved in all this.
Frank Taylor: Why are you involved?

Storyline:
Dalam perjalanan di kereta menuju Venice, Elise memilih duduk di sebelah turis Amerika, Frank. Pihak Kepolisian tengah membuntuti Alice selama beberapa tahun terakhir sambil menunggu yang bersangkutan menghubungi kekasihnya, Alexander Pierce. Diketahui Pierce telah melarikan uang lebih dari 2 miliar dollar dari Kepala Mafia berpengaruh tanpa membayar pajak sekitar 775 juta dollar! Tugas Elise adalah menghindari polisi sekaligus mafia yang menginginkan uang tersebut kembali. Sayangnya tidak satupun yang pernah melihat wajah asli Alex sehingga Elise sangat dibutuhkan untuk mengindentifikasinya. Lantas apa reaksi Frank yang harus terlibat dalam semua ini?

Nice-to-know:
Angelina Jolie mengenakan 12 kostum yang berbeda sepanjang film.

Cast:
Tidak banyak yang tahu debutnya dalam A Nightmare On Elm Street (1984) di usia 19 tahun, Johnny Depp berperan sebagai Frank Tupelo
Sempat terlibat dalam spesial episode Kungfu Panda untuk televisi di sela-sela syuting film ini, Angelina Jolie bermain sebagai Elise Clifton-Ward
Paul Bettany sebagai Inspector John Acheson
Timothy Dalton sebagai Chief Inspector Jones
Steven Berkoff sebagai Reginald Shaw
Rufus Sewell sebagai The Englishman
Raoul Bova sebagai Conte Filippo Gaggia

Director:
Merupakan film panjang kedua bagi Florian Henckel von Donnersmarck yang asli Jerman ini setelah The Lives of Others (2006).

Comment:
Bayangkan jika dua bintang papan atas Hollywood disatukan dalam sebuah film. Daya tarik akting seorang Depp dan pesona seorang Jolie tentunya tidak akan anda hiraukan begitu saja. Keduanya berbagi chemistry dengan manis disini. Terus terang saya menikmati kehadiran Jolie sebagai Elise, wanita cantik dalam berbagai situasi yang ternyata seorang agen rahasia. Lihat keanggunan, kecantikan, keseksiannya dari gaya rambut hingga busananya yang sungguh menggoda. Sedangkan karakter Frank, seorang guru lugu nan misterius dibawakan Depp dengan gaya tersendiri. Menarik melihatnya kembali bermain sebagai "pria biasa" mengingat beberapa tahun terakhir ini Depp membawakan karakter aneh mulai dari Jack Sparrow hingga Mad Hatter. Jangan lupakan juga kehadiran mantan James Bond, Timothy Dalton serta Bettany yang selalu konsisten di mata saya.
Saya juga mengagumi keberanian sutradara von Donnersmarck untuk memberikan warna French movie ke dalam film ini meskipun settingnya di Venice. Gagal atau tidak kinerjanya merupakan penilaian anda masing-masing. Namun sinematografinya terangkai indah menghadirkan pemandangan indah Eropa klasik mulai dari konstruksi ruangan hotel berkelas ataupun menelusuri Venice dengan gondola. Dijamin mata anda tak berkedip menatap semua itu. Genre aksi dan drama juga dihadirkan secara seimbang terlepas dari berbagai dialog yang tidak konsisten, terkadang menarik tapi tak jarang juga basi.
Permasalahannya adalah publik pemerhati dunia film tahu betapa proyek ini sempat terombang-ambing karena pergantian castnya yang tak hanya sekali tapi berkali-kali. Dan saya bisa bayangkan dalam waktu singkat Depp harus bisa menerjemahkan karakter Frank sedemikian rupa. Tidak buruk bagi aktor sekelasnya tetapi saya tetap merasa ada yang kurang sehingga dalam beberapa scene, Depp benar-benar terlihat seperti "Goofy" bercambang. Sedangkan Jolie pun nyaris tidak menawarkan apapun yang baru disini selain kesempurnaan fisiknya yang sangat menjual.
Sebenarnya kualitas akhir The Tourist tidaklah seburuk yang dibayangkan. Terlebih jika anda tidak berpengharapan terlalu tinggi saat berniat menyaksikannya, rasanya masih dapat dinikmati sebagai film hiburan ringan di akhir pekan. Twist yang dihadirkan di epilog tidaklah terlalu mengejutkan seperti yang diharapkan banyak pihak. Namun kolaborasi Depp dan Jolie diyakini benar-benar akan menjadi magnet yang kuat disini sehingga karakter lainnya terasa tidak penting untuk diingat. Tidak percaya? Sebagai referensi, bolehlah anda saksikan dan bandingkan film ini dengan Anthony Zimmer yang asli film Perancis itu.

Durasi:
100 menit

U.S. Box Office:
$16,472,458 in opening week mid Dec 2010

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

1 komentar:

PASAR ONLINE mengatakan...

Film ini banyak celeah dalam ceritanya ya, tapi mempesona kok. oh ya... apa anda pernah liat fil thailand BANGKOK LOVE STORY yang kisah homoseksual ?