XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 13 Desember 2010

THE NEXT THREE DAYS : Melarikan Istri Dari Tuduhan Pembunuhan

Tagline:
Lose who you are to save what you love.

Storyline:
Tiba-tiba saja Lara Brennan ditahan di rumahnya sendiri karena dituduh membunuh bosnya sendiri dimana keduanya sempat terlibat argumen keras pada malam sebelumnya. Menurut Kepolisian, sidik jari Lara terekam di TKP sehingga memberatkannya dan mengganjarnya hukuman 20 tahun penjara. Suami Lara, John Brennan menghabiskan bertahun-tahun untuk mengeluarkan Lara tetapi sia-sia saja karena bukti dan kesaksiannya saja tidak cukup. Putus asa saat putranya Luke mulai menjauhi ibunya, John pun menempuh satu-satunya cara yaitu menjebol penjara dan merencanakan pelarian sempurna. Berhasilkah John merancang semuanya sekaligus menuju kehidupan baru yang harmonis kembali?

Nice-to-know:
Sebelumnya Elizabeth Banks pernah bermain sebagai ibu rumah tangga yang dituduh melakukan pembunuhan dalam serial "Law & Order: Special Victims Unit" (1999).

Cast:
Terakhir kita lihat bermain sebagai Robin Longstride dalam Robin Hood, Russell Crowe kini berperan sebagai John Brennan, ayah, suami sekaligus guru biasa yang nekad melawan hukum demi mempertahankan keutuhan keluarganya.
Turut bermain dalam serial televisi Scrubs di sela-sela kesibukannya, Elizabeth Banks tampil berbeda dari biasanya sebagai Lara Brennan yang dituduh melakukan pembunuhan terhadap bos wanitanya sendiri.
Jason Beghe sebagai Detective Quinn
Aisha Hinds sebagai Detective Collero
Liam Neeson sebagai Damon Pennington
Olivia Wilde sebagai Nicole
Ty Simpkins sebagai Luke

Director:
Sutradara Inggris berusia 69 tahun bernama Michael Apted sebelum ini menyutradarai Married In America 2 (2007).

Comment:
Merupakan remake dari action thriller Perancis berjudul Anything for Her di tahun 2008. Kini sutradara Paul Haggis mengganti setting Paris, Eropa menjadi Pittsburgh, Amerika Utara. Nyaris sama persis dan konon sama baiknya meski saya belum menyaksikan versi originalnya. Lebih dari sepertiga film diawali dengan lambat saat karakter John melakukan riset terbaiknya sebelum menjalankan rencana nekad yang bisa dibilang kesempatan sekali seumur hidupnya. Melewati pertengahan film barulah intensitas mulai meningkat dan menyajikan berbagai aksi yang seru.
Crowe sebagai John, seorang guru bahasa Inggris kampus sepintas terlihat tidak beremosi tetapi tindakannya menunjukkan bahwa ia sepenuhnya percaya dan mencintai istrinya. Menarik melihat Crowe dalam porsi superior tapi masih manusiawi disini. Sebaliknya, Banks yang biasa bermain dalam genre komedi memperlihatkan akting yang baik sebagai istri sekaligus ibu yang terfitnah hingga terancam harus mengakhiri hidupnya di penjara akibat tuduhan pembunuhan. Meskipun tampil sekilas, Neeson cukup mengesankan sebagai figur mentor yang baik di prolog film.
Saya harus akui sebagai action thriller, The Next Three Days ditutup dengan baik lebih dikarenakan sudut pandang unik yang dipakainya walaupun durasinya cukup panjang. Berbagai twists dan turns berhasil menyajikan ketegangan sendiri dalam mengikutinya. Sedikit mengingatkan apa yang biasa dilakukan Haggis sebelumnya yang juga dikombinasikan dengan musik latar yang sangat membangun mood penonton. Anda seakan diajak peduli sepenuhnya pada usaha John melarikan Lara. Bagaimana seorang pria biasa berusaha semaksimal mungkin menyatukan keluarganya kembali walau harus melakukan hal-hal di luar kebiasaan dan kemampuannya. Sesaat kadang kita dihadapkan pada situasi dimana seperti berdiri di antara garis tipis benar atau salah yang terkadang sulit ditebak kenyataannya. Slow start then closed with excellency!

Durasi:
120 menit

U.S. Box Office:
$18,310,917 till early Dec 2010

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

1 komentar:

PASAR ONLINE SURABAYA mengatakan...

salah satu fil favouritku tahun 2010. Metamorfosis yang luar biasa bagi seorang dosen/guru. adegan yang aku suka saat russel crowe muntah.