XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 06 Desember 2010

PERFUME : THE STORY OF A MURDERER Obsesi Kecantikan Wanita Pembuat Parfum

Quotes:
Jean-Baptiste Grenouille: You want to make this leather smell good, don't you?
Giuseppe Baldini: Why of course, and so it shall.
Jean-Baptiste Grenouille: With Amor and Psyche by Pelissier?
Giuseppe Baldini: What ever gave you the absurd idea I would use someone else's perfume?
Jean-Baptiste Grenouille: It's all over you.

Storyline:
Pada abad ke-18 di Paris, Jean-Baptiste Grenouille terbuang oleh ibunya semenjak lahir. Beranjak dewasa ia mempunyai penciuman yang sangat tajam yang kemudian digunakannya untuk bekerja di sebuah toko parfum terkenal milik Giuseppe Baldini. Dengan kepandaiannya, Jean-Baptiste mampu meracik parfum-parfum beraroma baru hasil temuannya. Sayangnya rasa penasaran dan kreatifitasnya menuntunnya mencari formula-formula baru bagi parfumnya yang terkadang tidak biasa. Plus obsesinya mengabadikan kecantikan wanita bisa jadi menjerumuskannya semakin dalam sebagai orang yang berbahaya.

Nice-to-know:
Ridley Scott sempat dikabarkan tertarik dengan proyek ini bertahun-tahun yang lalu dimana Tim Burton juga dipertimbangkan sebagai sutradaranya disamping Martin Scorsese, Milos Forman dan Stanley Kubrick.

Cast:
Ben Whishaw sebagai Jean-Baptiste Grenouille
Dustin Hoffman sebagai Giuseppe Baldini
Karoline Herfurth sebagai The Plum Girl
Rachel Hurd-Wood sebagai Laura
Alan Rickman sebagai Antoine Richis
Sara Forestier sebagai Jeanne

Director:
Sutradara Tom Tykwer sempat menggarap salah satu segmen berjudul "Faubourg Saint-Denis" dalam Paris, je t'aime.

Comment:
Film ini menyajikan tema yang tidak biasa apalagi dengan citarasa Eropa, rasanya bermimpi bisa ditayangkan di bioskop Indonesia. Namun hal ini tidak menghalangi saya untuk menyaksikannya juga sebab storyline nya sangat menarik bagi saya. Menyimpan penasaran karena apa yang akan disajikan lebih? Drama kah? Thriller kah? Slasher kah?
Sutradara Tykwer menjawabnya dengan brilian. Ia sajikan thriller halus yang kental dengan unsur drama terutama dalam menyikapi sisi kemanusiaan yang terdalam sekalipun. Sinematografi yang lembut berpadu lengkap dengan elemen-elemen metafora yang dominan di sepanjang film. Sangat cantik!
Whishaw mempotretkan karakter pemuda cerdas yang terobsesi pada kecantikan wanita dengan luar biasa. Ekspresinya yang dingin sekaligus sorot matanya yang tajam tetap menyiratkan kepolosan seorang remaja yang suka bereksperimen. Kita sendiri bingung apakah harus mengkategorikan Jean-Baptiste sebagai seorang psikopat atau bukan? Narasi John Hurt yang mengantarkan cerita dari awal hingga akhir semakin melengkapi storytelling yang gemilang dan menarik untuk diikuti selayaknya sebuah simfoni orchestra yang sempurna.
Endingnya yang provokatif tergolong tidak biasa dan di luar dugaan saya. Namun tetap masuk akal walau bisa dikatakan absurd. Semua itu menjadikan Perfume : The Story Of A Murderer sebuah pengalaman menonton karya Eropa yang mumpuni dengan keindahan sekaligus kemisteriusan. Bagi yang sudah membaca novelnya, bisa jadi film ini sangat mendekati penulisannya. Anyone?

Durasi:
145 menit

U.S. Box Office:
$2,208,939 till end of Feb 2007.

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Sepertinya ini film lama. Saya menontonnya di tahun 2006, dan harus saya akui, alur ceritanya penuh kejutan dan susah diterka.

moviefreak mengatakan...

Betul sekali. One of the best French thriller ever made!

Gema Parfum mengatakan...

Terima kasih infonya gan.
Lumayan buat nambah wawasan.

Gema Parfum
Parfum terwangi di dunia.

----------