XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 12 Mei 2012

SAFE : Typical Statham Movies In Chinese And Russian Nuance

Quotes:
Luke Wright: What the hell did you do, kid? 


Nice-to-know:
Lokasi syuting yang menggambarkan Dekalb Ave subway station dan Canal St station ternyata dilakukan di Cortlant St station.

Cast:
Jason Statham sebagai Luke Wright
Catherine Chan sebagai Mei
Robert John Burke sebagai Captain Wolf
James Hong sebagai Han Jiao
Anson Mount sebagai Alex Rosen
Chris Sarandon sebagai Mayor Tremello
Reggie Lee sebagai Quan Chang



Director:
Merupakan film keenam bagi Boaz Yakin yang paling dikenal lewat Remember The Titans (2000).

W For Words:
Jason Statham memang sebuah nama yang belakangan ini semakin dikenal lewat peran-peran action stereotype yang lebih menonjolkan aksi daripada akting. Film produksi Lionsgate ini bisa jadi salah satunya tetapi melihat nama Lawrence Bender yang biasa memproduseri film-film Quentin Tarantino di jajaran produser, ditambah nama Kevin Spacey sebagai salah satu produser eksekutif tentunya boleh membuat kita berharap lebih.

Luke Wright mendapati istrinya dibunuh mafia Rusia tepat setelah ia memenangi pertandingan beladiri. Dari kejayaan ring menjadi kemiskinan jalanan, Luke nyaris menghabisi nyawanya sendiri di stasiun kereta bawah tanah sampai ia melihat gadis cilik berusia 11 tahun diburu oleh gerombolan mafia. Mei memang bukan anak biasa karena kemampuan mengingat dan berhitungnya yang luar biasa hingga dipercaya oleh Han Jian memegang kunci kombinasi brankas bernilai 30 juta dollar. Luke sepakat melindungi Mei sambil membereskan kekacauan yang tak dapat ditangani kepolisian tersebut.

Fans Statham sekali lagi akan mengagumi ketangkasannya beradu tinju, senjata sambil melontarkan dialog-dialog corny one-liners. Karakter Luke Wright harus diakui tak jauh berbeda dengan Frank Martin dalam trilogy The Transporter, sama-sama melindungi seseorang dari balik kemudi dari satu tempat menuju tempat lainnya sambil menghabisi musuh-musuhnya. Sesuatu yang selalu dilakoninya dengan cool walaupun mungkin membosankan bagi sebagian penonton.

Debut Catherine Chan terbilang menarik. Mei yang digunakan sebagai alat oleh Chinese triad yang “mengasuh”nya mampu belajar dari apa yang ia lihat dalam sekejap. Ia juga sukses menyembunyikan ketakutannya dengan wajar baik saat nyawa orang lain di sekitar atau justru dirinya sendiri terancam oleh todongan senjata api. Bahasa Inggrisnya cukup fasih dimana dialog-dialog “Chinglish” semacam ‘bad business’ atau ‘happiness for you’ yang terucap dengan polos akan membuat anda tersenyum.

Penulis skrip sekaligus sutradara Boaz Yakin menyajikan narasi super cepat bergaya urban di tengah kota New York, menempatkan triad Cina, mafia Rusia, walikota korup sampai polisi kotor dalam “peperangan” bermotif uang. Oleh karena itu penonton tak akan terlalu peduli lagi dengan logika ceritanya sejauh bombardir adegan aksi pemacu adrenalin dalam Safe bekerja dengan baik dalam nuansa multi-kulturalisme yang kontras itu. 

Durasi:
94 menit

U.S. Box Office:
$13,080,883 till May 2012

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
 

Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: