XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Selasa, 28 September 2010

WHO ARE YOU? : Jawaban Misteri Anak Di Balik Pintu

Storyline:
Penjual DVD porno, Nida juga bertindak sebagai orangtua tunggal dari remaja, Ton yang tidak pernah bertatap muka lagi dengannya selama 5 tahun. Komunikasi ibu dan anak itu hanya terjadi lewat catatan-catatan kecil yang diselipkan di bawah daun pintu dan juga sesekali bunyi ketukan. Kondisi Ton dinamakan Hikkikomori alias penyakit akut menarik diri dari lingkungan sosial tanpa mau bertemu siapapun juga. Hal ini menarik minat produser acara televisi bernama Dome, gadis tetangga penderita alergi Parn, pencuri Nino. Apakah sesungguhnya Ton masih berada di ruangan tersebut?

Nice to know:
Ditulis oleh Ekasit Thairat yang pernah menghasilkan 13 : Game of Death

Cast:
Sinjai Plengpanich sebagai Nida
Kanya Rattanapetch
Pongpit Preechaborisutkun

Director:
Pakpoom Wongjinda pernah menghasilkan Scared (2008) yang tergolong sadis sebagai film remaja tersebut.

Comment:
Film yang dirilis di Thailand pada akhir Februari 2010 ini sebetulnya lebih tepat disebut sebagai drama psikologis, tapi bukan Thailand namanya jika tidak menyelipkan elemen horor di dalamnya. Terbukti formula ini menjadikan filmnya cukup menarik.
Plotnya mengenai komunikasi “aneh” antara ibu dan putranya yang kemudian dihubungkan dengan beberapa subplot sudut pandang ketiga tokoh tambahan yang pada akhirnya terkoneksi dengan sendirinya. Jujur saya sempat berpikir terlampau kompleks dengan kemungkinan twist disana-sini. Nyatanya tidak demikian. Film ini tetap setia menjaga misteri yang disimpan rapat-rapat dari awal sampai akhir hingga berujung pada satu konklusi yang mencengangkan. Tidak terlalu surprise rasanya jika anda sering menyaksikan horor Thailand sebelumnya.
Sutradara Pakpoom cukup piawai memainkan setting yang terbatas dengan lighting yang temaram dan suasana dominan malam hari. Dengan demikian kemisteriusan tingkah laku para tokohnya tetap terjaga. Penampilan Sinjai sebagai seorang ibu sekaligus istri yang tertekan psikologisnya juga meyakinkan. Lihat bagaimana sorot matanya berbicara banyak dalam berbagai close up shot!
Who Are You? bukanlah sebuah karya terbaik negeri Gajah Putih tetapi sebagai sebuah drama horor psikologis yang rasanya cukup berhasil melekatkan anda pada kursi saat menontonnya terlepas dari kebosanan melanda akibat alur lambat yang diusungnya. Tidak apalah, klimaksnya akan sepadan dengan penantian anda semua.

Durasi:
85 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

1 komentar:

JOURNEY TO THE END OF THE HORROR MOVIE mengatakan...

wow sbgai pecinta film horror thailand penting nih nnton filmx skarang